Rabu 02 Aug 2023 13:28 WIB

Butuh Rp 8 Miliar, Ini Fasilitas GOR Bogor Barat

Pemkot Bogor melakukan persiapan teknis dengan meninjau lahan lokasi pembangunan GOM.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemkot Bogor akan membangun Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) di Kecamatan Bogor Barat pada 2024. GOM yang membutuhkan anggaran sekitar Rp 8 miliar ini, akan memiliki fasilitas mulai dari lapangan terbuka, fasilitas fitness, serta fasilitas untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor, Herry Karnadi, mengatakan, fasilitas di GOM Bogor Barat akan mirip dengan yang ada di GOM Bogor Selatan dan Utara. Sehingga pembangunannya juga akan dilaksanakan dalam dua tahap.

“Jadi (rencananya) pembangunan (GOM Bogor Barat) akan di-dua tahapkan, seperti GOR Bogor Utara dan Selatan,” kata Herry, Rabu (2/8/2023)

Ia menyebutkan, sejumlah fasilitas yang akan tersedia di GOM Bogor Barat antara lain gelanggang olahraga, fitness outdoor, tempat bermain anak, lapangan sepak bola, lapangan basket, tribun mini, dan taman.

Termasuk juga, kata Herry, pintu gerbang dan pos jaga, jalan dan trotoar, parkiran, taman mounding dan tugu, bangunan utilitas, dua plaza, area UMKM, dan kolam resapan.

Lebih lanjut, Herry mengatakan, metologi yang akan digunakan pada pembangunan GOM Bogor Barat ini akan sama dengan GOM Bogor Selatan. Yakni pada tahap pertama akan dibangun terlebih dahulu lapangan sepakbolanya. 

Baru kemudian dilanjut jogging track, toilet, ruang taman, ruang pengelola, lapangan basket serta jalan masuknya. “Tahap kedua (di tahun 2025) baru bikin GOR indoor nya. Rp 8 Miliar sekian saya lupa berapanya untuk pembangunan di tahun 2024. (Anggaran) 2025 nanti setelah kita review lagi Detail Engineering Design (DED)- nya,” jelasnya.

Herry menyebut, konsep lapangan sepak bola di GOM Bogor Barat akan sama dengan lapangan di Taman Manunggal. Sehingga berbeda dengan lapangan di GOM Bogor Selatan dan Utara.

“(Sama seperti) Manunggal, karena di Selatan terlalu besar, tun disini engga cukup. Jadi kita bikin kaya yang Manunggal. Mungkin 80x45 meter” ucapnya.

Diketahui, Pemkot Bogor berencana membangun GOM di Kecamatan Bogor Barat tahun depan. GOM ini nantinya akan berada di bawah naungan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor.

“Dispora kalau ini (GOR Bogor Barat). Estimasi anggarannya sekitar Rp 7 miliar sampai Rp 8 miliar,” kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, Selasa (1/8/2023).

Dedie mengatakan, Pemkot Bogor melakukan persiapan teknis dengan meninjau lahan lokasi pembangunan GOM, agar pembangunan nanti tidak terhambat. Sebab, rencananya Pemkot Bogor akan meneruskan pembangunan GOR Bogor Barat ini pada tahun anggaran 2024.

Menurut dia, keberadaan GOM ini dinantikan oleh masyarakat. Sekaligus akan diproyeksikan juga sebagai sarana penunjang untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2026.

“Kita meninjau terkait dengan jalan akses yang harus kita siapkan, supaya nanti proses pembangunan paling tidak (terantisipasi) untuk masalah pengangkutan material dan alat-alat beratnya,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement