Jumat 04 Aug 2023 06:57 WIB

Penuhi Janji, Kabaharkam Polri Sambangi Mak Aat di Selatan Sukabumi

Aspirasi masyarakat sangat dibuthkan untuk membangun kepercayaan terhadap kepolisian.

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto
Kabarhakam Polri Irjen Pol Fadil Imran.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kabarhakam Polri Irjen Pol Fadil Imran.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kabaharkam Polri Komjen Pol Mohammad Fadil Imran melakukan kunjungan kerja ke wilayah Geopark Ciletuh di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Kamis (3/8/2023). Kedatangan Kabaharkam tersebut salah satunya untuk menjumpai Mak Aat warga Ciwaru Sukabumi yang pernah berdialog secara virtual beberapa waktu lalu.

Kunjungan tersebut didampingi oleh Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede dan dihadiri pula Kakorbinmas Baharkam Polri Irjenn Pol Hary Sudwijanto. Dalam kunjungannya, Kabaharkam Polri berdialog dengan Mak Aat selaku masyarakat untuk mendengarkan tanggapan terkait peran Bhabinkamtibmas dan Polisi RW di lingkungannya.

''Kami ingin memahami lebih baik kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta membangun kepercayaan terhadap kepolisian," ujar Kabaharkam Polri Komjen Pol Mohammad Fadil Imran. Salah satunya berdialog dan melihat langsung kondisi warga salah satunya Mak Aat.

Selain berdialog, Kabaharkam Polri juga memberikan bantuan sosial kepada warga masyarakat sebagai bagian dari perayaan Hari Bhayangkara ke-77. ''Kunjungan ini adalah bentuk komitmen dalam memenuhi janji yang sebelumnya tertunda,'' katanya.

Fadil menerangkan, kedatangannya juga untuk menjalin kedekatan dengan masyarakat dengan turut berkontribusi dalam memperkuat hubungan yang harmonis. Sehingga, masyarakat dapat merasakan kehadiran aparat kepolisian.

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede menyambut baik kunjungan ini sebagai kesempatan untuk mengevaluasi dan memantau kinerja Bhabinkamtibmas dan Polisi RW dalam menjalankan tugasnya. ''Kami berupaya meningkatkan responsivitas polisi terhadap keluhan dan masukan masyarakat untuk lebih efektif dalam menjaga keamanan wilayah,'' jelasnya.

Masyarakat yang dikunjungi Kabaharkam dan Kakorbinmas Polri, Mak Aat menyampaikan apresiasi atas kunjungan Kabaharkam Polri. '' Sebagai warga merasa dihargai dan didengarkan, harapannya ke depan dapat terus terjalin komunikasi yang baik antara masyarakat dan kepolisian khususnya Bhabinkamtibmas dan polisi RW," ujar Mak Aat.

Dengan kunjungan ini, diharapkan hubungan yang baik antara kepolisian dan masyarakat semakin kuat. Sehingga bersama-sama dapat menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif untuk kehidupan bersama.

Momen ini juga menjadi kesempatan bagi warga masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan masukan yang akan membantu pihak kepolisian dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement