Kamis 17 Aug 2023 18:38 WIB

Sekolah Islam Ini Hidupkan Kembali Permainan Tradisional, Ini Alasannya

Permainan tradisional mengandung tradisi, budaya, hingga nilai-nilai pendidikan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Tarik tambang, salah satu permainan tradisional yang sering dilombakan saat HUT RI.
Foto: dok. Republika
Tarik tambang, salah satu permainan tradisional yang sering dilombakan saat HUT RI.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Permainan tradisional saat ini jarang dimainkan oleh anak-anak, apalagi orang dewasa. Padahal, tak sekadar bermain, permainan tradisional juga mengandung tradisi, budaya, hingga nilai-nilai pendidikan.

Salah satu institusi yang menggelar perlombaan tersebut adalah Sekolah Darul Hikam. Namun, perlombaan yang digelar Darul Hikam berbeda dengan yang lainnya. Karena, banyak mengeksplore berbagai permainan tradisional.

Menurut Ketua Yayasan Darul Hikam, Sodik Mujahid, di peringatan HUT RI ke-78 ini, pihaknya ingin mengeksplore berbagai permainan tradisional. Karena, di hari kemerdekaan tanggal 17 ini waktu yang tepat untuk menggali dan menguatkan lagi permainan-permainan tradisional.

"Dengan menghidupkan lagi permainan-permainan, maka kita tak hanya teoritik menjaga budaya dengan berbagai macam-macam teori. Namun, salah satu praktik simpelnya adalah menghidupkan lagi, melestarikan lagi aneka ragam permainan permainan," ujar Sodik kepada wartawan, di sela-sela Perlombaan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI, yang digelar di sekolah Darul Hikam Berasrama Dago Giri Kamis (17/8/2023).

 

Sodik menjelaskan, di setiap kesempatan pihaknya selalu memanfaatkan semua momentum untuk silaturahmi dengan semua pegawai dan karyawan Darul Hikam. Tujuannya adalah silaturahmi. Kedua, komitmen kepada bangsa dan yang ketiga juga adalah bergembira.

"Tujuan lainnya, menggalakkan permainan-permainan tradisional sambil bergembira ceria ya jangan sampai stres," katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Perguruan Darul Hikam, Ruri B Ramadhanti, mengatakan, lomba dalam memperingati HUT RI ini diikuti oleh ratusan karyawan. Permainan tradisional yang dilombakan ada 4 kaulinan Sunda. Kemudian ada sepak bola, pingpong dan bulu tangkis.

Sedangkan permainan tradisional yang dilombakan, kata dia, adalah lompat tali, Loncat tinggi, tarik tambang dan bebentengan. "Pesertanya ini lintas unit jadi mereka jadi akrab," katanya.

Selain karyawan dan guru, kata dia, lomba juga digelar untuk semu siswa dalam waktu yang berbeda. Selain itu, ada lomba podcast, lomba menulis puisi kemerdekaan dan lainnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement