Kamis 24 Aug 2023 05:30 WIB

Viral Sujiwo Tejo Usir Penonton Keluar karena Berisik

Warganet menilai cara mengusir Sujiwo Tejo kurang pantas karena ia publik figur.

Rep: Fergi Nadira / Red: Agus Yulianto
Budayawan Sujiwo tejo saat tampil dalam dialog budaya Gendu- Gendu Rasa-  Desa Mawa Cara Negara Mawa Tata, di GOR Wujil, Kabupaten Semarang, Kamis  (27/12) malam.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Budayawan Sujiwo tejo saat tampil dalam dialog budaya Gendu- Gendu Rasa- Desa Mawa Cara Negara Mawa Tata, di GOR Wujil, Kabupaten Semarang, Kamis (27/12) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramai beredar di media sosial potongan video momen aktor sekaligus seniman, Sujiwo Tejo, marah dan membentak peserta di sebuah acara budaya. Sujiwo Tejo diketahui tengah menjadi tamu pembicara di acara tersebut.

Awalnya akun @Heraloebss di X, yang dulunya Twitter, membagikan potongan video kemarahan menggebu Sujiwo Tejo  dalam cara tersebut pada Selasa (22/8/2023) malam. Menurut akun tersebut, acara tersebut digelar di Bojonegoro, Jawa Timur.

"Terganggu karena Berisik, @sudjiwotedjo Marahi Peserta Jagong Budaya di Bojonegoro," kata @Heraloebs dengan nama akun Miss Tweet itu dikutip Republika di Jakarta pada Rabu (23/8/2023).

Video berdurasi 30 detik tersebut menunjukkan Sujiwo Tejo memakai topi khasnya tak menahan amarahnya ketika terganggu oleh beberapa orang yang mengobrol di shaf peserta bagian belakang. Sontak seluruh peserta acara terdiam membeku oleh karena teriakan keras sosok yang kerap disapa Mbah Tedjo itu.

"Yang belakang jangan ngobrol, kalo ngobrol mending keluar. Mending keluar. Mending kalian keluar daripada aku terganggu. Disuruh keluar itu yang belakang. Keluar, Pak! Siapapun Anda! Kalau nggak, aku nggak terusin," kata Mbah Tedjo berteriak geram memakai mic.

Lebih lanjut, Sujiwo Tejo menyampaikan pentingnya menghargai orang yang sedang berbicara. Sujiwo Tejo tampaknya sudah memendam kekesalan karena banyak orang masih terdengar mengobrol sendiri saat ia menyanyi sebelumnya.

"Tadi aku nyanyi masih ada gremeng-gremeng. Nggak menghargai kesenian. Gimana kita mau maju? Kesenian itu sembahyangku," kata Sujiwo Tejo.

Potongan tersebut kemudian viral di berbagai platform media sosial baik X, TikTok dan Instagram. Potongan video diunggah kembali di berbagai platform media sosial dan mendapat respon negatif.

Menurut warganet di media sosial, cara mengusir Sujiwo Tejo kurang pantas karena ia seorang publik figur. "Mengusir dengan cara tidak pantas hanya karena terlihat ngobrol. 'Seperti orang kesurupan'," kata komentar di TikTok.

"Ngobrol sebagian dari budaya.. tapi ada tempat dan waktunya..  sopan menegur orang lain jg ada budaya adabnya.. siapapun anda," kata warganet di X.

"Sangat bisa dimengerti kekesalan beliau, ini sepertinya hal yang lazim di beberapa penonton acara kesenian yang lebih sibuk mengobrol atau bahkan ada yang membuat konten daripada menikmati acara tersebut," kata warganet lain dengan nada positif di X.

"Ya begitulah mbahTejo, seni dan budaya daerah sudah jadi darah, daging dan kehormatannya. Jadi jangan ada yg berani main-main dlm acara yg ada dia di dalamnya," kata komentar lain.

 

n ferginadirab

sumber:

https://twitter.com/Heraloebss/status/1693952272680763532?s=20

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement