Kamis 24 Aug 2023 09:48 WIB

Bogor Fest 2023 akan Diisi Bermacam Layanan Publik dan Info Kerja

Bogor Fest 2023 akan digelar 24-27 Agustus 2023.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan.
Foto: Dok Pemkab Bogor
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Agenda Bogor Fest 2023, yang digelar 24-27 Agustus di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tidak hanya berisi kegiatan hiburan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga menghadirkan berbagai layanan publik yang bisa dimanfaatkan pengunjung, juga Job Fest.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, layanan publik yang dihadirkan, antara lain dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Seperti pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), identitas kependudukan digital (IKD), kartu identitas anak (KIA), akta kelahiran ataupun akta kematian. “Public service lainnya ada,” kata Iwan, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga

Disediakan pula layanan surat izin mengemudi (SIM) dari Polres Bogor. Kemudian layanan konsultasi hukum dan pelayanan pembayaran tilang yang digelar Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor, juga layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) dan pengesahan STNK, serta sosialisasi bebas bea balik nama dan diskon PKB oleh Samsat Cibinong.

Ada juga layanan pengurusan nomor induk berusaha (NIB) dan perizinan lainnya terkait usaha yang disediakan Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bogor. Kemudian layanan terkait paspor dari Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor, serta bermacam layanan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor.

KPP Pratama Cibinong, Cileungsi, dan Ciawi juga akan memberikan pelayanan terkait perpajakan. Selain itu, layanan terkait jasa perbankan, jasa pelayanan pos, layanan Pegadaian, layanan sambungan air Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, layanan pertanahan, layanan BPJS Ketenagakerjaan, dan layanan BPJS Kesehatan.

“Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan BPJS juga tersedia di Public Service Fest. Salah satunya layanan pemberian informasi pendaftaran peserta baru dan perubahan data, Rehab (rencana pembayaran bertahap) untuk tunggakan oleh BPJS Cibinong,” kata Iwan.

Iwan mengatakan, ada juga Job Fest. Layanan yang dihadirkan, antara lain pembuatan kartu tanda pencari kerja (AK1) atau kartu kuning, serta rekomendasi pembuatan paspor untuk calon pekerja migran (TKI).

Menurut Iwan, Job Fest merupakan salah satu upaya Pemkab Bogor membuka peluang bagi masyarakat yang mencari pekerjaan atau informasi seputar lowongan kerja. “Yang mau nyari kerja, ada di Job Fest. Pokoknya ada 26 festival yang seru dan ramai,” kata dia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement