Kamis 24 Aug 2023 20:25 WIB

3.000 Orang Melamar Kerja Lewat Job Fest di Bogor Fest 2023

Dalam Job Fest ini, ada 16 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Perhelatan Bogor Fest 2023 menyediakan layanan Job Fest atau festival lowongan pekerjaan.
Foto: dok universitas BSI
Perhelatan Bogor Fest 2023 menyediakan layanan Job Fest atau festival lowongan pekerjaan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Perhelatan Bogor Fest 2023 menyediakan layanan Job Fest atau festival lowongan pekerjaan mulai Kamis (24/8/2023) hingga Ahad (27/8/2023). Pada hari pertama pelaksanaan Job Fest, tercatat sekitar 3.000 orang melamar kerja di sini.

Sub Koordinator Penempatan Tenaga Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bogor, Retno Pangestuti Widianti, menyebutkan ribuan pelamar tersebut melamar dari sekitar pukul 08.00 WIB hingga sore hari. Dalam Job Fest ini, ada 16 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

“Perusahaan ada 16 yang ikut. Ada keuangan, perbankan, industri, pengolahan ikan, BP3MI punya job di luar negeri, dan tenaga kesehatan,” kata Retno ketika ditemui Republika di lokasi, Kamis (24/8/2023).

Retno menjelaskan, usai melamar pekerjaan di perusahaan yang dipilih, mekanisme berikutnya diserahkan ke perusahaan masing-masing. Mulai dari skrining, hingga penerimaan.

Menurut Retno, pada hari pertama ini, sebagian besar pelamar kerja merupakan fresh graduate. Tak terkecuali juga lulusan SMK.

“Kalau saya lihat sepintas memang banyak fresh graduate, masih muda-muda. Tapi juga ada yang terlihat usia 20 tahun ke atas. Banyak juga yang lulusan SMK,” jelasnya.

Hingga sore hari, kata Retno, belum terdata perusahaan mana yang paling banyak diburu oleh para pelamar kerja. Namun, diperkirakan perusahaan yang menjadi favorit para pelamar kerja ialah perusahaan yang memiliki kualifikasi umum.

“Hari ini kami belum lihat report-nya. Mungkin karena kualifikasinya lebih umum, jadi banyak lowongannya dimasukin para pencari kerja. Ini akan terus dibuka sampai empat hari,” ucapnya.

Sebelumnya, diberitakan bagi masyarakat atau para pencari kerja, Bogor Fest 2023 juga menyediakan layanan Job Fest. Salah satu layanannya ialah pembuatan kartu pencari kerja/AK1, rekomendasi pembuatan paspor untuk calon pekerja migran (TKI) oleh Disnaker Kabupaten Bogor.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, mengatakan Job Fest merupakan salah satu upaya Pemkab Bogor memberikan peluang kepada masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan dan sedang mencari informasi lowongan kerja. 

“Sehingga diharapkan bisa menekan angka pengangguran di Kabupaten Bogor, dan banyak menyerap tenaga kerja di Kabupaten Bogor. Yang mau nyari kerja ada di Job Fest,” ujarnya, Rabu (23/8/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement