Senin 11 Sep 2023 20:58 WIB

Panjat Pohon Petai, Pria di Bogor Tersengat Listrik dan Meninggal

Petugas damkar mengevakuasi korban yang tersangkut di pohon.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Jasad.
Foto: Mgrol120
(ILUSTRASI) Jasad.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Petugas pemadam kebakaran (damkar) mengevakuasi seorang pria dari pohon petai di Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (11/9/2023). Pria berinisial S (56 tahun) itu dikabarkan tersengat listrik saat hendak mengambil buah petai.

Kepala Seksi Penyelamatan Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Asan, mengatakan, peristiwa itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. “Menurut keterangan saksi, korban hendak naik ke atas pohon untuk mengambil buah petai miliknya. Tanpa disadari, besi hollow yang dibawa oleh korban mengenai kabel listrik bertegangan tinggi,” kata Asan.

Baca Juga

Berdasarkan informasi saksi, Asan mengatakan, korban lantas tak sadarkan diri dan tersangkut di pohon. Istri korban lalu berteriak meminta pertolongan. Dinas Damkar mendapat laporan kejadian itu dari ketua RW setempat. 

Tim Penyelamatan Dinas Damkar merespons laporan itu dan tiba di lokasi kejadian sekitar 15 menit kemudian. “Kemudian dilakukan evakuasi oleh Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor menggunakan peralatan vertical rescue,” ujar Asan.

Petugas yang melakukan evakuasi menggunakan peralatan lengkap. Selain petugas damkar, di lokasi kejadian juga ada petugas PLN. 

Dalam video yang diterima Republika, petugas damkar memanjat pohon petai dan menurunkan secara perlahan korban menggunakan tali. Korban dibalut dengan kain. Asan mengatakan, proses evakuasi korban berlangsung sekitar satu jam. “Keadaan meninggal dunia,” kata dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement