Selasa 26 Sep 2023 06:21 WIB

10 Ton Beras dengan Harga Terjangkau Didistribukan ke Pasar Cikurubuk 

Operasi pasar rakyat itu akan berlangsung selama 5 hari, yaitu 25-29 September 2023.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus Yulianto
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Aswin Kosotali bersama Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah meninjau ketersediaan beras di Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Senin (25/9/2023).
Foto: Dok BI Tasikmalaya
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Aswin Kosotali bersama Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah meninjau ketersediaan beras di Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Senin (25/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tasikmalaya menggelar operasi pasar rakyat dengan mendistribusikan 10 ton beras SPHP ke Pasar Cikurubuk, pada Senin (25/9/2023). Distribusi beras itu dilakukan sebagai upaya membuat harga beras di pasaran kembali stabil. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya Aswin Kosotali mengatakan, salah satu dari kunci pengendalian inflasi adalah membuat harga kebutuhan pokok terjangkau. Karenanya, TPID Kota Tasikmalaya menjalin kemitraan dengan koperasi dan pedagang di Pasar Cikurubuk menggelar operasi pasar.

"Dengan operasi pasar ini, harga beras medium sesuai HET Rp 10.900 per kilogram dapat tersedia di kios beras pedagang pasar," kata dia melalui siaran pers, Senin. 

Ia menjelaskan, pendistribusian beras SPHP melalui operasi pasar rakyat itu dilakukan dengan peningkatan mekanisme penyaluran yang bermitra dengan pedagang beras anggota koperasi pasar. Koperasi pasar memiliki kewajiban pelaporan dokumen penjualan sebagai penanggungjawaban transaksi. 

Aswin mengatakan, operasi pasar rakyat itu akan berlangsung selama lima hari, yaitu 25-29 September 2023 di Pasar Cikurubuk. Adapun waktu layanan akan dilakukan pada pukul 09.00 WIB dan 13.00 WIB setiap harinya, agar transaksi dapat termonitor dengan baik. 

Untuk pemerataan penyerapan masyarakat, setiap pembeli hanya dapat memperoleh satu kantong beras SPHP senilai HET Rp 54.500/kantong isi lima kilogram. Warga dapat langsung membeli beras itu di Konter Beras SPHP, setelah menunjukan KTP. 

"Pembeli akan mendapat Kupon SPHP yang dapat ditukarkan dengan Beras SPHP di kios pedagang operasi pasar," kata Aswin. 

Selain itu, ia menambahkan, pihaknya juga bekerja sama dengan BRI Tasikmalaya untuk memfasilitasi pembayaran menggunakan QRIS. Setiap pembelian menggunakan QRIS, pembeli akan mendapat diskon senilai Rp 2.500 per kantong.

Berdasarkan pengamatan harga Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) per 22 September 2023, harga komoditas beras di Pasar Rakyat Kota Tasikmalaya berada pada rentang harga Rp 13 ribu per kilogram untuk kualitas bawah) hingga Rp 14.500 per kilogram untuk kualitas super. Artinya, tidak terdapat varian harga beras medium dengan HET Rp 10.900/kg sesuai Peraturan Bapanas Nomor 7 Tahun 2023 Tentang Harga Eceran Tertinggi Beras.

Dalam operasi pasar kali ini, Bulog Subdivre Ciamis telah mendistribusikan 10 ton beras SPHP untuk ketersediaan lima hari ke depan ke Koperasi Pasar Cikurubuk. Jumlah beras yang didistribusikan itu disesuaikan karena penyaluran Beras Bantuan Pangan Bapanas kepada masyarakat Kota Tasikmalaya sebanyak 1.500 ton untuk 150 ribu masyarakat pra-sejahtera telah dilakukan beberapa hari sebelumnya.

"Jadi ketersediaan beras di masyarakat tidak mampu dapat dipenuhi melalui bantuan pangan, sedangkan untuk konsumsi masyarakat lainnya dapat mengakses melalui ketersediaan Beras SPHP di Pasar Rakyat," ujar Aswin.

Ia berharap, dengan tersedianya pasokan beras di masyarakat dan pasar, efektivitas program Bantuan Pangan dan Beras SPHP melalui operasi pasar dapat terlihat dampaknya terhadap keterjangkauan harga ke depan. Selanjutnya, diharapkan masyarakat tidak panic buying karena ketersediaan beras dapat diperoleh melalui bantuan pangan maupun beras SPHP.

"Ini diharapkan dapat mendukung pengendalian inflasi Kota Tasikmalaya untuk mencapai target pengendalian inflasi 3±1 persen pada akhir tahun 2023. Serta kontributif untuk pencapaian pertumbuhan ekonomi ke depan sehingga menjadi penambah nilai kesejahteraan masyarakat pada tahun 2023," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement