Kamis 28 Sep 2023 14:16 WIB

Ribuan Pelajar SMK/SMA Ikuti Kick Off dan Short Course Telkom DigiUp 2023

Peningkatan kapabilitas siswa melalui program pelatihan dan sertifikasi digital skill

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Kick Off Telkom DigiUp 2023 yang digelar secara daring.
Foto: dok. Republika
Kick Off Telkom DigiUp 2023 yang digelar secara daring.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ribuan pelajar SMK dan SMA di seluruh Indonesia secara daring mengikuti Kick Off dan Short Course Telkom DigiUp 2023. Data sementara sebanyak 2.170 peserta sudah terdaftar dalam program Telkom DigiUp Tahun 2023. 

Menurut Ketua Satgas Program Telkom DigiUp, Danan Suryadi, berdasarkan prosentase peminatan sertifikasi yang dipilih meliputi Network Administrator sebanyak (17 persen), Graphic Design (14 persen), Cinematografi (13 persen), Content Creator (12 persen), IoT Engineer (11 persen), Mobile Apps (8 persen), Web Programing Phyton (8 persen), UI/UX Design atau Junior Multimedia Designer (7 persen), 3D Animator (6 persen), dan Data Scientist (5 persen).

"Acara hari ini dihadiri lebih dari 1.000 peserta di antaranya dari link Zoom 1 ada sekitar 760 peserta dari link Zoom 2 ada 407 peserta kemudian dari streaming Youtube ada 250 peserta," ujar Danan kepada wartawan, Kamis (28/9/2023)

Secara total, kata dia, lebih dari 1.407 peserta. Bahkan, kalau dilihat di layar juga ada peserta yang mengikuti secara nobar atau nonton bareng.

Kick Off Telkom DigiUp 2023 juga dihadiri pula secara daring oleh Senior General Manager Community Development Center PT Telkom Indonesia Hery Susanto, Direktur Utama Yayasan Pendidikan Telkom Dodi Irawan, Direktur SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek yang diwakili Ketua Tim Pokja Program Data dan Evaluasi Kemendikbudristek Meidhi Alkibzi, perwakilan industri dari ITDRI Telkom, Telkom Regional seluruh Indonesia dan kepala sekolah, guru, serta siswa peserta dari SMK dan SMA seluruh Indonesia.

Telkom DigiUp 2023 ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyiapkan kebutuhan talenta digital di Indonesia melalui kombinasi program short course pelatihan, sertifikasi, kompetisi dan community

Program ini disusun melalui pendekatan sinergi pentahelix dengan melibatkan berbagai unsur di antaranya, yaitu unsur industri, yaitu PT Telkom, akademisi (Yayasan Pendidikan Telkom), Pemerintah (Kemendikbudristek), unsur komunitas. Tujuannya, yaitu peningkatan kapabilitas siswa melalui program pelatihan dan sertifikasi digital skill yang berstandar nasional untuk para peserta SMK dan SMA di seluruh Indonesia. 

Pelaksanaan program Telkom DigiUp 2023 telah dimulai sejak pendaftaran pada 21 September dan akan ditutup pada 3 Oktober 2023.

"Selanjutnya akan dilakukan seleksi pada tanggal 4 Oktober 2023 untuk mendapatkan 1.000 peserta yang akan diikutkan dalam program pelatihan dan sertifikasi," katanya.

Sementara menurut Senior General Manager Community Development Center PT Telkom Indonesia Hery Susanto, Telkom DigiUp merupakan program vokasional Telkom yang menjadi bagian dari CSR Telkom. Sertifikat yang diberikan Telkom pun termasuk yang paling diminati di dunia industri.

"Dengan adanya kegiatan ini kita berharap memberikan kontribusi dalam peningkatan inklusi pendidikan di Indonesia," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement