Senin 02 Oct 2023 15:30 WIB

Polres Garut Selidiki Penyebab Kebakaran RSUD dr Slamet

Penyelidikan untuk mengatahui apakah ada unsur tindak pidana atau tidak.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengunjungi RSUD dr Slamet pascakebakaran, Ahad (1/10/2023).
Foto: Dok Diskominfo Kabupaten Garut
Bupati Garut Rudy Gunawan mengunjungi RSUD dr Slamet pascakebakaran, Ahad (1/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Polres Garut berkoordinasi dengan tim forensik untuk menyelidiki penyebab kebakaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet di Kabupaten Garut. Dari penyelidikan ini, diharapkan bisa diketahui penyebab ada atau tidaknya unsur kesengajaan yang mengarah pada tindak pidana.

"Kami juga sudah koordinasi dengan laboratorium forensik untuk mengetahui penyebab kebakaran," kata Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha di Garut, Jawa Barat, Senin.

 

photo
Petugas Disdamkar Kabupaten Garut, berjibaku memadamkan api yang membakar ruang logistik RSUD dr Slamet Garut, Jalan RSU, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Ahad (1/10/2023). Dok. Diskominfo Kabupaten Garut. - (Dok Diskominfo Kabupaten Garut)

 

 

Dia menjelaskan, jajarannya sudah diturunkan untuk melakukan pengamanan saat mendapatkan laporan kejadian kebakaran di RSUD dr Slamet Garut, Ahad (1/10), sekitar pukul 12.00 WIB, hingga api akhirnya bisa dipadamkan.

Polisi juga sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dengan meminta keterangan dari sejumlah saksi di lokasi kejadian. Selain itu, polisi telah mendata apa saja yang terbakar di gedung tempat penyimpanan barang-barang itu.

"Sementara kami masih mendata terkait dengan saksi yang berada di TKP, yang melihat langsung, kemudian kami juga mendata barang-barang yang terbakar," katanya.

Dia menyampaikan, Polres Garut sudah memasang garis polisi di titik lokasi kebakaran maupun daerah terdampak kebakaran guna kepentingan penyelidikan lebih lanjut dan proses pemeriksaan oleh tim forensik.

Kejadian itu, Rohman menjelaskan, tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi terjadi kerusakan pada bangunan dan peralatan kesehatan dalam ruangan tersebut. Pasien yang sempat dievakuasi juga sudah kembali ke ruang perawatan.

"Tempat perawatan sudah dikembalikan, tapi yang terdampak perlu pembersihan dulu," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan menyerahkan, sepenuhnya kepada kepolisian untuk mencari tahu penyebab kebakaran di RSUD dr Slamet Garut. Terkait hasilnya, Rudy mengatakan, hal itu akan disampaikan oleh kepolisian kepada publik.

"Bahwa penyebabnya itu, Pak Kapolres yang akan membuat keterangan. Ini satu (atau) dua hari mungkin sudah ada," katanya.

Kebakaran yang terjadi di salah satu ruangan di RSUD dr Slamet Garut itu menimbulkan kepulan asap tebal dan terlihat jelas di luar kawasan rumah sakit.

Sejumlah pasien di ruang perawatan yang tidak jauh dari lokasi kebakaran sempat dievakuasi ke tempat aman sampai api berhasil dipadamkan pada Ahad sekitar pukul 15.00 WIB.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement