Selasa 03 Oct 2023 08:35 WIB

Bupati Bandung Janji Hadirkan Fasilitas Ramah Disabilitas

Salah satu yang menjadi perhatian fasilitas jalur pedestrian.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Bupati Bandung Dadang Supriatna.
Foto: Istimewa
Bupati Bandung Dadang Supriatna.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bupati Bandung, Dadang Supriatna, menyampaikan komitmennya untuk menghadirkan fasilitas ramah warga disabilitas. Ia mengaku ingin Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menjadi daerah yang ramah bagi difabel.

Berdasarkan data Dinas Sosial Kabupaten Bandung, terdata sekitar 6.045 warga difabel. “Saya berkomitmen pemda akan hadir mendukung bapak-ibu semua (warga difabel). Saya berkomitmen penuh untuk mewujudkan kota ramah disabilitas,” kata Bupati, Senin (2/10/2023).

Baca Juga

Untuk mewujudkan komitmen, Bupati menyoroti, antara lain soal jalur pedestrian atau trotoar. Ia menginginkan ada fasilitas yang dapat memudahkan difabel saat menggunakan trotoar. Begitu juga jalur khusus untuk pengguna kursi roda.

“Saya ingin agar ke depan minimal di sekitar Jalan Al Fathu dan lingkungan pemda ada fasilitas khusus untuk disabilitas. Saya akui saat ini belum, tapi saya akan benahi ke depan,” kata Bupati.

Dengan fasilitas publik yang ramah disabilitas, Bupati berharap warga difabel dapat lebih mandiri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Bupati juga menyampaikan upaya Pemkab Bandung untuk memberikan bantuan modal pengembangan usaha produktif bagi warga difabel.

Selain, Bupati juga menyoroti soal sekolah luar biasa (SLB) dan sekolah inklusif di beberapa kecamatan yang banyak terdapat anak berkebutuhan khusus. 

“Meski urusan sekolah SLB ini menjadi tanggung jawab provinsi, tapi saya akan hadir untuk mendorong pembangunan sekolah SLB di Pacet dan Ciparay yang memang sangat dibutuhkan,” ujar Bupati.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement