Sabtu 14 Oct 2023 20:33 WIB

Aksi Bersih Pantai Cibutun Sukabumi Berlanjut, 250 Ton Sampah Sudah Diangkut

Dandim melaporkan aksi bersih Pantai Cibutun telah berjalan sepanjang 11 hari

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pandawara Grup dan tim gabungan TNI-Polri serta relawan akhirnya melakukan aksi bersih-bersih barengan di Pantai Cibutun, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi di hari ketiga gerakan bebersih, Jumat (6/10/2023).
Foto: Republika/ Riga Nurul Iman
Pandawara Grup dan tim gabungan TNI-Polri serta relawan akhirnya melakukan aksi bersih-bersih barengan di Pantai Cibutun, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi di hari ketiga gerakan bebersih, Jumat (6/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Aksi bersih-bersih Pantai Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi yang digencarkan sejak 4 Oktober 2023 hingga sekarang masih terus berlangsung. Hasilnya hingga sekarang diperkirakan sudah dibuang sebanyak 250 ton sampah.

Seperti diketahui, jajaran Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi menggiatkan karya bakti dengan aksi-aksi bersih pantai dalam rangka peringatan HUT TNI ke-78 dari 4 Oktober 2023. Pada Sabtu (14/10/2023) ini pun aksi bersih-bersih masih dilakukan dengan dipantau langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman beserta Dandim 0622 Letkol Inf Anjar Ari Wibowo.

"Alhamdullilah pekerjaan sampai hari ini kurang lebih sudah berjalan selama 11 hari dimulai dari tanggal 4 Oktober 2023 kemarin," ujar Dandim 0622 Letkol Inf Anjar Ari Wibowo. Dari pantauannya, progres pembersihan sudah sesuai target.

Saat inu terang Anjar, kondisinya 80 persen sudah bersih dan memang belum selesai semua karena masih dalam pengerjaan. "Kurang lebih 250 ton tumpukan sampah telah dibersihkan dan dibuang ke TPA," katanya.

Ratusan ton tumpukan sampah itu terang Anjar telah berhasil dibersihkan dan dibuang ke TPA Cimenteng. Ia menilai kerja keras semua unsur yang terlibat dalam kegiatan pembersihan pantai ini sudah berjalan dengan baik dan lancar. 

"Bisa melihat sendiri kemarin sampah kain yang menumpuk karena difokuskan kepada pembersihan sampah kain yang kurang lebih sudah 250 ton yang telah dibuang ke TPA," ungkap Anjar. Sekarang ini tersisa tumpukan yang tengah diproses pembuangan sekitar 50 ton dan rencana ke depan akan dilanjutkan oleh dinas lingkungan hidup akan di buang ke TPA.

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengatakan, ratusan ton sampah di pantai yang awalnya bertumpuk sekarang sudah bersih. "Alhamdulilah, asalnya kan disini sampahnya banyak sekarang tinggal sedikit lagi beberapa tumpukan yang akan dibereskan," jelasnya.

Pemda lanjut Ade, mengucapkan rasa terimakasih kepada semua unsur yang terlibat dari personil gabungan dari TNI, Polri, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan, komunitas pegiat lingkungan dan masyarakat yang telah melaksanakan bersih-bersih pantai. "Kami ucapkan terimakasih kepada semua unsur terutama kepada jajaran TNI Kodim 0622 khususnya dandim," katanya.

Sekda berharap dengan kolaborasi berbagai pihak agar kebersihan pantai ini bisa tetap terjaga. Terutama kesadaran warga agar tidak membuang sampah sembarangan baik ke sungai maupun laut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement