Senin 16 Oct 2023 19:50 WIB

Wow ... Suhu Tertinggi di Majalengka Capai 38,7 Celsius

Rekor suhu tertinggi di Kabupaten Majalengka yang mencapai 40 C pada 2022.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Warga beraktivitas saat cuaca terik.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga beraktivitas saat cuaca terik.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Suhu maksimum tertinggi pada musim kemarau tahun ini di Kabupaten Majalengka mencapai 38,7 derajat celsius. Suhu udara maksimum itu tercatat oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati, Kabupaten Majalengka pada 9 Oktober 2023.

Menurut Plt Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati, Ahmad Faa Iziyn, suhu tersebut bahkan menduduki peringkat tertinggi dari hasil pemantauan di 20 stasiun BMKG se-Indonesia.

‘’Selama musim kemarau tahun ini, suhu 38,7 derajat celsius pada pekan lalu merupakan yang tertinggi di Majalengka,’’ ujar pria yang biasa disapa Faiz itu, Senin (16/10/2023).

Tak hanya kali ini, lanjut Faiz, berdasarkan data pengamatan cuaca permukaan di Stasiun Meteorologi Kertajati, Majalengka, selama kurun 1978 – 2022, menunjukkan rata-rata suhu maksimum di Kabupaten Majalengka berada pada kisaran 38,6 - 40 C. Hal itu terjadi pada September hingga November.

‘’Rekor suhu tertinggi di Kabupaten Majalengka yang mencapai 40 C pernah terjadi pada 12 Oktober 2002,’’ terang Faiz.

Faiz mengungkapkan, suhu udara maksimum di Kabupaten Majalengka saat ini sudah mulai menurun, yakni di kisaran 37 C. Dia mengatakan, diprakirakan mulai pertengahan Oktober ini sebagian besar wilayah Majalengka akan memasuki masa transisi/pancaroba dari musim kemarau ke musim penghujan.

‘’Mulai ada pertumbuhan awan-awan (mendung) yang berpotensi hujan,’’ tukas Faiz.

Sedangkan awal musim hujan 2023/2024 untuk Kabupaten Majalengka, diprakirakan mulai November dasarian I sampai November dasarian III (tanggal 21-akhir bulan).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement