Selasa 17 Oct 2023 23:46 WIB

Diterjang Angin Kencang, 50 Rumah di Kabupaten Bogor Rusak

Rumah yang terdampak angin kencang tersebar di dua kecamatan.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Puluhan rumah di wilayah Kecamatan Caringin dan Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dilaporkan mengalami kerusakan akibat terdampak angin kencang. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat kejadian bencana itu.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor M Adam Hamdani mengatakan, peristiwa angin kencang itu dilaporkan terjadi pada Senin (16/10/2023). 

Baca Juga

Berdasarkan data yang diterimanya, Adam mengatakan, dilaporkan ada 27 rumah di wilayah Kecamatan Caringin dan 23 rumah di Kecamatan Cigombong yang mengalami kerusakan akibat terdampak angin kencang. Selain itu, ada bangunan sekolah yang terdampak.

“Satu fasilitas umum atap bangunan sekolah dasar negeri atapnya tertimpa pohon tumbang,” kata Adam, Selasa (17/10/2023).

Ihwal kondisi rumah warga yang terdampak angin kencang, Adam mengatakan, rata-rata mengalami kerusakan kategori ringan dan sedang pada bagian atap. Kejadian tersebut berdampak terhadap 55 kepala keluarga (KK) atau 196 jiwa. “Korban jiwa nihil,” ujar dia.

Menurut Adam, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bogor sudah melakukan asesmen ke lokasi terdampak angin kencang. Ia mengatakan, sejumlah rumah sudah diperbaiki oleh warga, namun ada juga yang membutuhkan penanganan lebih lanjut. “Sebagian rumah yang mengalami kerusakan di bagian atap sudah diperbaiki oleh pemiliknya dan rumah masih bisa dihuni,” kata Adam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement