Rabu 18 Oct 2023 11:00 WIB

Besok Anies-Imin dan Ganjar Daftar ke KPU 

Adapun bacapres  KIM Prabowo Subianto belum diketahui kapan akan mendaftarkan diri. 

Rep: Febryan A/ Red: Agus Yulianto
Ketua KPU Hasyim Asyari berbincang dengan Anggota KPU Idham Holik.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua KPU Hasyim Asyari berbincang dengan Anggota KPU Idham Holik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon presiden dan (bacapres) Ganjar Pranowo dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendampingnya akan mendaftarkan diri ke Kantor KPU RI, besok, Kamis (19/10/2023). Pada hari yang sama, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar juga akan mendaftarkan diri sebagai kontestan Pilpres 2024. 

Komisioner KPU RI Idham Holik mengatakan, pihaknya telah menerima surat pemberitahuan dari gabungan partai politik pengusung Ganjar Pranowo dan wakilnya ihwal rencana pendaftaran. Ganjar dan cawapres pendampingnya, yang sosoknya baru akan diumumkan hari ini, akan mendaftarkan diri besok pukul 11.00 WIB. 

"Kami sudah terima surat pemberitahuannya. Pasangan tersebut akan mendaftar pada Kamis, 19 Oktober jam 11," kata Idham kepada wartawan, Rabu (18/10/2023). 

Pekan lalu, KPU RI juga telah menerima surat pemberitahuan dari partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan soal rencana pendaftaran Anies-Muhaimin. Pasangan tersebut akan mendaftar di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, pada Kamis pukul 08.00 WIB. 

Adapun bacapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto belum diketahui kapan akan mendaftarkan diri. Hingga berita ini ditulis, KIM belum menentukan sosok cawapres pendamping Prabowo. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan Prabowo dan pasangannya tidak akan mendaftar pada hari pertama. 

KPU RI membuka pendaftaran pasangan capres-cawapres mulai 19 Oktober–25 Oktober 2023. Setiap pasangan capres-cawapres hanya boleh didampingi maksimal 230 orang ketika masuk ke Kantor KPU RI. Dari jumlah tersebut, hanya 30 orang yang boleh masuk ke ruang pendaftaran.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement