Ahad 29 Oct 2023 23:26 WIB

Bandara Kertajati Beroperasi Penuh, Pemkab Kuningan Incar Kunjungan Wisatawan 

Disporapar Kuningan mendorong adanya paket wisata.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Suasana Telaga Biru Cicerem di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
(ILUSTRASI) Suasana Telaga Biru Cicerem di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN — Pengoperasian secara penuh Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, diharapkan dapat membantu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan menyambut peluang untuk menarik kunjungan wisatawan.

“Ini peluang bagi kami di Kuningan karena banyak spot wisata alam dan budaya,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan Elon Carlan saat ditemui di Bandara Kertajati, Ahad (29/10/2023).

Baca Juga

Menurut Elon, kunjungan wisatawan di Kuningan bisa mencapai tiga juta orang per tahunnya. Kunjungan wisatawan ini biasanya meningkat pada momen libur nasional dan perayaan hari besar.

Elon menilai, dengan makin banyaknya aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati, maka makin membuka akses wisatawan ke daerah-daerah sekitarnya. Termasuk ke Kuningan. “Banyak orang dari domestik dan internasional akan bepergian dari Kertajati. Kami ingin mengarahkan mereka agar berkunjung ke Kuningan,” kata Elon.

 

Sebagai salah satu upaya menarik kunjungan wisatawan, Elon mengatakan, pihaknya mendorong adanya paket wisata terintegrasi. Menurut dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait di wilayah sekitar Bandara Kertajati.

Menurut Elon, sejumlah daerah di sekitar Bandara Kertajati memiliki keunggulan wisata. Ia mencontohkan, Kuningan dengan wisata alamnya dan Cirebon yang mempunyai potensi wisata bangunan bersejarah, serta kuliner khasnya. Sementara Indramayu terkenal dengan potensi baharinya.

“Harus ada paket wisata. Misalnya, orang ingin kulineran bisa ke Cirebon. Kemudian, kalau ingin merasakan sejuk dan menikmati keindahan alam, bisa datang ke Kuningan atau Majalengka,” kata Elon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement