Senin 30 Oct 2023 12:31 WIB

Viral Enuh Nugraha Alumni ITB yang Ditemukan Menggelandang di Jalan

Enuh merupakan sosok pendiam namun banyak memiliki prestasi.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
 Kampus ITB/ilustrasi
Kampus ITB/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Seorang pria bernama Enuh Nugraha (46 tahun) menjadi pembicaraan di media sosial dan viral. Dia dikabarkan merupakan alumni kelautan angkatan 1997 kampus ITB. Namun, saat ini kondisinya memprihatinkan karena menggelandang di jalanan.

Sosoknya berhasil terungkap ke publik seusai seseorang di akun Youtube Sinau Hurip mewawancarai Enuh di jalanan. Seperti dilihat rekaman video tersebut, Enuh tengah duduk di pinggir jalan. Ia memakai pakaian lusuh dengan muka kusam.

Saat diwawancarai, ia tengah akan membuat mainan. Enuh menjawab saat ditanya asalnya.

"Aslinya dari mana pak Enuh?" tanya seorang pria ke Enuh.

"Bandung," kata Enuh.

"Bandungnya di mana?" tanya pria tersebut.

"Ujungberung," kata Enuh.

Fitria Arianti (52 tahun) salah seorang warga di RT 01 RW 02, Kelurahan Pasanggrahan, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, mengaku kenal dengan sosok Enuh. Ia mengenal Enuh sebagai sosok yang genius.

Fitria pun membenarkan jika Enuh pernah kuliah di Unpad kemudian pindah ke ITB. Enuh besar di Ujungberung. Setelah lulus dari kampus dan bekerja, ia mengatakan Enuh dan keluarganya pindah ke wilayah Cianjur.

"Lulus dari ITB terus bekerja sebentar pindah ke Cianjur sama keluarganya. Rumahnya dijual juga," ujar dia belum lama ini.

Setelah itu, dia mengaku, tidak mengetahui kabar yang bersangkutan. Fitria mengenal, Enuh merupakan sosok pendiam namun banyak memiliki prestasi.

Ia merasa sedih melihat kondisi Enuh saat ini yang menggelandang di jalanan. Fitria berharap Enih dapat kembali sehat sedia kala. "Mudah-mudahan cepat sehat," ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement