Rabu 15 Nov 2023 09:38 WIB

Gempa Bumi 2,9 Magnitudo Guncang Kabupaten Bandung

Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Ilustrasi Gempa
Foto: Pixabay
Ilustrasi Gempa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Gempa bumi tektonik berkekuatan 2,9 magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Bandung, Rabu (15/11/2023) sekitar pukul 04.15 WIB. Titik gempa bumi berada di darat pada jarak 25 km barat daya Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer.

"Hari Rabu 15 November 2023 pukul 04.15 WIB, wilayah Kabupaten Bandung dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 2,9 magnitudo," ucap Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu melalui keterangan resmi yang diterima, Rabu (15/11/2023).

Dia menuturkan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat. Dampak gempa bumi yaitu dirasakan di wilayah Cikembang, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," kata dia.

Namun, dia menuturkan, hingga saat ini belum terdapat laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi. Teguh Rahayu mengatakan, hingga pukul 06.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Masyarakat di imbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata dia.

Dia mengimbau, masyarakat mencari informasi resmi bersumber dari BMKG. Selain itu, dia menambahkan, saat ini tengah memasuki musim peralihan atau pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan.

Dia mengimbau, masyarakat untuk berhati-hati dan mewaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat. Serta petir atau angin puting beliung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement