Jumat 17 Nov 2023 16:52 WIB

MUI Kembali Donasikan Rp 23 Miliar untuk Palestina Melalui Baznas

Sebelumnya, MUI juga menyalurkan bantuan sebesar Rp 25 miliar dari para donatur.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ilham Tirta
KH Anwar Iskandar (kiri).
Foto: Dok Istimewa
KH Anwar Iskandar (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyalurkan donasi kemanusiaan untuk membantu rakyat Palestina melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Dana yang disalurkan sebesar Rp 23 miliar.

Penyaluran donasi diserahkan langsung oleh Ketua Umum MUI Pusat, KH Anwar Iskandar kepada Ketua Baznas Prof Dr KH Noor Achmad di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jumat (17/11/2023). Donasi tersebut merupakan gabungan dari sejumlah lembaga, antara lain LazisMu, LAZ Al-Azhar, Dewan Masjid Indonesia, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Yayasan Ma'had Raifah Islam Akhyar, Kitabisa.com. Kemudian, Wahdah Inspirasi Zakat Organisasi, LPPOM MUI, IDF MUI, MUI Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia, Komunitas Muslim di Malaysia, Pelajar Indonesia di Mesir dan Saudi, serta lembaga filantropi lainnya.

"Dana kemanusiaan dari masyarakat yang dititipkan ke MUI berasal dari orang-perorang yang mengirimkan langsung ke rekening MUI maupun dari sejumlah Lembaga amil Zakat yang selama ini menjadi mitra MUI," ujar Ketua Umum MUI, KH Anwar Iskandar.

Kiai Anwar menekankan, MUI mempercayakan sepenuhnya kepada Baznas sebagai lembaga yang sudah memiliki reputasi tinggi untuk penggalangan, penyaluran, dan pemanfaatan bantuan kemanusiaan, termasuk akuntabilitasnya. "MUI menyerahkan sepenuhnya kepada BAZNAS untuk menyusun program penggunaan dana kemanusiaan ini. Secara berkala, Baznas juga sudah menyediakan diri untuk menyampaikan report dan perkembangan program kemanusiaan di Palestina kepada MUI, LAZ-LAZ mitra, dan masyarakat secara transparan," kata Kiai Anwar.

Kiai Anwar mengatakan, bantuan Rp 23 miliar tersebut adalah kali kedua yang disalurkan MUI melalui Baznas. Sebelumnya, MUI juga menyalurkan bantuan sebesar Rp 25 miliar.

"Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu, MUI juga sudah menyerahkan dana kemanusiaan kepada BAZNAS yang diperoleh sebelum Aksi Damai 511. Dan saat Aksi Damai 511, Malam Dana Kemanusiaan tanggal 6 November," jelasnya.

Ketua Baznas, Kiai Noor menyampaikan terima kasih kepada MUI yang mempercayakan penyaluran donasinya kepada BAZNAS. "Insya Allah BAZNAS dalam menyalurkan dana bantuan dari umat ini berprinsip 3A, yakni aman syar’i, aman regulasi, dan aman NKRI," kata dia.

Baznas telah mengirimkan bantuan dalam dua tahap. Pertama, dilepas Presiden Joko Widodo, dan saat ini bantuan telah sampai di Gaza Palestina. Kedua, melalui kapal perang TNI Angkatan Laut yang akan berlayar dalam waktu dekat. "Kami juga berharap penyaluran bantuan tahap selanjutnya bisa segera dilakukan dana yang sudah ada," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement