Ahad 26 Nov 2023 21:09 WIB

Sukabumi Punya Jurus Jitu Cegah Balap Liar, Laga Digelar Profesional

Sukabumi menggelar road race yang diikuti ratusan peserta

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Nashih Nashrullah
Balap Liar (ilustrasi). Sukabumi menggelar road race yang diikuti ratusan peserta
Foto: Antara
Balap Liar (ilustrasi). Sukabumi menggelar road race yang diikuti ratusan peserta

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI— Beragam cara untuk menyalurkan hobi dan bakat serta mencegah aksi balap liar di jalanan. Salah satunya di Kota Sukabumi dengan menggelar kejuaraan balap motor, Road Race Wali Kota Sukabumi Championship tahun 2023 di area Terminal Tipe C dan A, Jalur Lingkar Selatan, Sabtu (25/11/2023). 

Acara tersebut mendapatkan antusiasme dari para pembalap lokal wilayah. Pasalnya, kurang lebih sekitar 250 peserta yang mengikuti event tersebut. 

Baca Juga

''Pemerintah hadir untuk mewadahi hobi pemuda agar tidak balap liar,'' ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji yang hadir dalam kegiatan tersebut sehingga, event road race sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah yang mewadahi aktivitas para pecinta balap motor. 

Apalagi, kurang lebih hampir sembilan tahun tidak ada kegiatan road race di Kota Sukabumi. 

Selama ini, kata Kusmana, para atlet-atlet dari Sukabumi mengikuti kejuaraan road race di daerah lain. Ia berharap dalam kejuaraan balap motor itu, bisa bermunculan atlet-atlet baru andalan Kota Sukabumi yang nantinya bisa berlaga di tingkat provinsi, nasional bahkan tingkat asia dan dunia. 

''Lewat event ini mudah-mudahan atlet-atlet baru bisa muncul yang nantinya akan dilanjutkan ke pembinaan oleh IMI Pengcab Kota Sukabumi,'' ungkap Kusmana. Ia mendorong para atlet motor harus mempersiapkan fisik, bukan sekedar hanya bisa bermotor di jalanan. 

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pengcab Kota Sukabumi, Hendry Iman Hermansyah, menerangkan pelaksanaan road race yang akan berlangsung selama dua hari itu, pada hari pertama berjalan lancar. Bahkan animo peserta dan warga dinilai sangat luar biasa. 

Event ini lanjut Iman, merupakan gelaran yang pertama kali. Sekaligus program kerja perdana dibawah kepengurusan IMI Pengcab Kota Sukabumi yang baru. 

''Alhamdulillah para peserta yang terdaftar sebanyak 250 orang, dari 14 kategori,'' terang Iman. Para peserta berasal dari Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Cianjur dan Bogor. 

Baca juga: Sungai Eufrat Mengering Tanda Kiamat, Bagaimana dengan Gunung Emasnya?

Para atlet balap motor di event tersebut bertanding di kelas motor bebek matic 130 CC, sedangkan kelas yang paling banyak di minati matic tune-up 150 CC. Iman menuturkan, kegiatan tersebut mendapat support penuh dari unsur Forkompinda Kota Sukabumi dan masyarakat terutama para pecinta otomotif, akan dijadikan ajang rutinan. 

''Jika banyak yang mendukung terutama keinginan masyarakat akan dijadikan agenda tahunan,'' cetus Iman. Ke depan, para atlet yang juara akan mendapatkan pembinaan dari IMI Pengcab Kota Sukabumi untuk membuka pintu gerbang dunia otomotif agar bisa berprestasi yang lebih baik.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement