Selasa 28 Nov 2023 12:15 WIB

Anies Pilih Tanah Merah Titik Awal Kampanye karena Ikuti Jejak Pilkada

Kampung tersebut memiliki sejarah kedekatan dengannya secara emosional. 

Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan saat melakukan kampanye menggunakan sepeda motor di Kampung Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, Selasa (28/11/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan saat melakukan kampanye menggunakan sepeda motor di Kampung Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, Selasa (28/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan memilih Kampung Tanah Merah di Jakarta Utara sebagai titik awal pada hari pertama tahapan kampanye pemilihan presiden karena mengikuti jejaknya saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2021.

Menurut dia, kampung tersebut memiliki sejarah kedekatan dengannya secara emosional. Dia mengatakan, warga di kampung itu yang pertama meminta dirinya maju sebagai calon gubernur pada 2016.

"Kemudian pada tanggal 23 September 2016 pada waktu itu pendaftaran pilkada hari Jumat, hari Sabtu saya keliling pertama itu di kampung Tanah Merah," kata Anies sebelum berangkat memulai kampanye di kediamannya di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, Kampung Tanah Merah itu memiliki persoalan sengketa lahan dengan sebuah perusahaan milik negara. Lalu, saat saat menjadi gubernur, Anies mengatakan dirinya menerbitkan izin mendirikan bangunan (IMB) secara kolektif untuk warga tersebut sebagai solusi sementara.

 

"Jadi, sekarang kami akan berjalan menuju sebuah amanah yang sedang sekarang diatur lewat pemilu tingkat nasional. Saya mulainya dari kampung di mana dulu kami memulai di Jakarta,"

Dengan sejarah tersebut, Anies mengaku dirinya memiliki kedekatan emosional dengan kampung tersebut. Sebelumnya, dia pun mengaku sering berkunjung ke kampung itu.

Anies berangkat dari kediamannya menuju ke Kampung Tanah Merah sekitar pukul 08.15 WIB. Dia memulai hari pertama kampanye dengan meminta doa ke ibunda, didampingi oleh istrinya yakni Fery Farhati.

KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement