Sabtu 02 Dec 2023 10:34 WIB

CFD Buahbatu Bisa Digelar Kembali, Ini Syarat Pemkot Bandung

CFD Buahbatu dapat kembali digelar mulai Ahad ini.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Suasana Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan Ir H Djuanda (Dago), Kota Bandung, Jawa Barat.
Foto: Edi Yusuf/Republika
(ILUSTRASI) Suasana Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan Ir H Djuanda (Dago), Kota Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, memberikan lampu hijau untuk pelaksanaan kembali agenda car free day (CFD) di kawasan Jalan Buahbatu mulai Ahad (3/12/2023) ini. Namun, ada syarat dari Pemkot Bandung yang mesti ditaati.

Agenda CFD di Kota Bandung biasa digelar di kawasan Jalan Ir H Djuanda (Dago) dan Buahbatu pada Ahad. Pelaksanaan hari bebas kendaraan ini dihentikan sementara pada masa pandemi Covid-19. Selepas pandemi, CFD Dago sudah kembali digelar, dengan jadwal dua pekan sekali.

Baca Juga

Ihwal CFD Buahbatu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, sudah dibahas untuk bisa digelar kembali. Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono disebut mendukungnya.

Namun, Ema mengingatkan soal larangan di area CFD, sebagaimana keputusan wali kota (kepwal). “Enggak jadi masalah (CFD Buahbatu digelar kembali). Tapi, berdasarkan kepwal, tidak ada aktivitas ekonomi di jalan dan trotoar,” kata Ema.

 

Sementara untuk berjualan di area persil masih diperbolehkan. Ema pun berpesan kepada masyarakat soal sampah di area CFD. “Tidak boleh nyampah, apalagi ini sudah memasuki masa darurat sampah,” kata Ema.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement