Kamis 14 Dec 2023 08:07 WIB

Gempa M 4.6 Getarkan Sukabumi, Warga: Cukup Kencang

BMKG melaporkan pusat gempa di 25 kilometer arah barat laut Kabupaten Sukabumi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Gempa.
Foto: Reuters
(ILUSTRASI) Gempa.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4.6 yang terjadi pada Kamis (14/12/2023) pagi mengejutkan sejumlah warga di Sukabumi, Jawa Barat. Beberapa warga yang hendak beraktivitas sempat keluar dari rumah karena getaran gempa terasa cukup kencang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat mengabarkan informasi awal kekuatan gempa 4.7 M. Kemudian diinformasikan lagi gempa itu berkekuatan 4.6 M. Gempa dilaporkan terjadi sekitar pukul 06.35 WIB, yang berpusat di 25 kilometer barat laut Kabupaten Sukabumi, dengan kedalaman lima kilometer.

Baca Juga

“Guncangan gempa cukup terasa kencang,” ujar Cira (35 tahun), salah seorang warga Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Cira sempat keluar rumah karena khawatir. Menurut dia, getaran gempa hanya terasa sebentar dan ia pun kembali ke rumah. Sementara ini, ia tidak melihat ada kerusakan akibat dampak gempa di sekitar tempat tinggalnya.

Hasan (50), warga Cibadak, Kabupaten Sukabumi, juga merasakan getaran gempa. “Gempanya cukup besar, tapi hanya sebentar,” ujar dia.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi masih memantau kondisi di lapangan selepas kejadian gempa itu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement