Sabtu 16 Dec 2023 12:48 WIB

Pelaku UMKM Situ Gede Tasikmalaya Mengeluh ke Menparekraf

Pelaku UMKM menyoal soal tempat lesehan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menebar benih ikan di Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023).
Foto: Dok. Republika
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menebar benih ikan di Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan kunjungan ke objek wisata Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023). Dalam kunjungan itu, Sandiaga mendengarkan keluhan dari para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sana.

Salah satu perwakilan pelaku UMKM menilai, sarana prasarana di Situ Gede belum memadai. Revitalisasi yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) dinilai belum berdampak terhadap peningkatan omzet usaha. Keberadaan tempat lesehan yang baru dibangun dinilai menjadi persoalan.

Baca Juga

Pelaku UMKM itu menilai, revitalisasi yang dilakukan Pemprov Jabar diyakini memiliki tujuan yang bagus. Namun, kenyataannya belum sesuai dengan kebutuhan di lapangan. “Ini kalau hujan air akan tumpah. Kalau panas juga tidak nyaman,” kata dia, saat menyampaikan keluhan kepada Sandiaga.

Menurut pelaku UMKM itu, bangunan tempat makan lesehan yang diberi nama “balakecrakan” tersebut sebelumnya lokasi tempat berjualan para pelaku UMKM. Ketika pembangunan dilakukan, para pelaku UMKM diminta pindah ke lokasi baru. “Lima puluh persen penghasilan kami menurun. Kami ingin bangunan ini bermanfaat dan bisa meningkatkan perekonomian di Situ Gede,” ujar dia.

Menanggapi keluhan itu, Sandiaga mengatakan, pembangunan infrastruktur pada dasarnya untuk kepentingan masyarakat. Ketika itu belum optimal, ia menilai, perlu ide kreatif untuk memanfaatkan infrastruktur tersebut. “Saya minta DPRD di sini kerja sama dengan kami. Kami di pusat ada infrastruktur ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement