Selasa 19 Dec 2023 07:01 WIB

Polri Prediksi Puncak Arus Kendaraan Libur Natal Tanggal 22-23 Desember 2023

Mengantisipasi kemacetan, pihak kepolisian sudah menyiapkan sejumlah rekayasa lalin.

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus Yulianto
Penumpang saat akan menaiki bis di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang saat akan menaiki bis di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polisi memprediksi puncak arus kendaraan pada libur Natal 2023 terjadi pada 22-23 Desember dan untuk puncak arus balik terjadi pada 26-27 Desember 2023. Guna mengantisipasi kemacetan, pihak kepolisian pun sudah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas, seperti dari contra flow atau one way.

"Puncak arus kendaraan (libur Natal) pada 22-23 Desember 2023 dan arus balik pada 26-27 Desember 2023," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho dalam keterangannya, Senin (18/12/2023).

Selain itu, Polri juga mengimbau masyarakat yang hendak mudik untuk melaporkan rumah yang ditinggalkan kepada kantor polisi terdekat. Sebab, dengan melapor ke pihak kepolisian, nantinya dapat didatakan dan dilaksanakan patroli. Sehingga, rumah yang ditinggalkan bisa aman dan masyarakat pun dapat berlibur dengan nyaman.

Tidak hanya itu, kata Sandi, pihak Kepolisian juga akan menyediakan fasilitas lokasi lahan parkir di kantor polisi bagi pemudik yang mau menitipkan kendaraannya. Namun tetap, pihaknya mengimbau kepada masyarakat juga diimbau menjaga keselamatan selama perjalanan mudik dan perayaan tahun baru.

“Polri juga menyediakan fasilitas lokasi lahan parkir di kantor polisi bagi pemudik yang mau menitipkan kendaraannya,” kata Sandi.

Kemudian untuk mengamankan perayaan Natal dan libur tahun baru 2024, Sandi mengatakan, Polri menggelar Operasi Lilin tahun 2023. Karena itu diharapkan, Polri harus memperkuat sinergitas bersama stakeholder lain. Kemudian juga memasifkan sosialisasi aturan yang berlaku selama libur Nataru.

"Divisi Humas Polri melalui Satgas Humas dalam Operasi Lilin 2023 melaksanakan kegiatan operasi mulai dari tahapan pengawalan, pelaksanaan hingga pengakhiran dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2023," ucap Sandi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement