Selasa 19 Dec 2023 18:16 WIB

Bey Minta Rute Kertajati-Surabaya Ditambah Agar Makin Ramai

Bey yakin jalur ke Surabaya bisa menjadi hub ke Indonesia Timur

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin berharap rute penerbangan dari dan ke Bandara Kertajati, Majalengka bertambah.
Foto: Rahayu Subekti/Republika
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin berharap rute penerbangan dari dan ke Bandara Kertajati, Majalengka bertambah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin berharap rute penerbangan dari dan ke Bandara Kertajati, Majalengka bertambah.

Menurut Bey, rute baru dari dan ke Kertajati dibutuhkan agar penerbangan di bandara internasional tersebut makin ramai dan optimal. 

"Intinya adalah kita inginkan ada penambahan rute misalnya ke Surabaya kami inginkan ada penambahan," ujar Bey di Gedung Sate, Bandung, Selasa (19/12/2023).

Bey mengatakan, rute Surabaya penting hadir di Kertajati. Karena, bisa membuka peluang calon penumpang untuk bisa terbang ke wilayah Timur Indonesia.

"Karena Surabaya itu bisa menjadi hub ke Indonesia Timur ya ke Makassar, Manado dan juga ke Papua. Jadi mudah-mudahan dengan adanya ke Surabaya akan menambah lagi penumpang yang berangkat dari dan ke Kertajati," paparnya.

Perlu diketahui, Bali masih menjadi primadona penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Meski tujuh rute penerbangan dilayani yaitu Denpasar, Kualanamu, Batam, Balikpapan, Medan, Makassar, dan Kualalumpur, namun minat masyarakat terbang dari Kertajati masih tinggi ke Pulau Dewata.

Catatan operator Bandara Kertajati, penerbangan ke Bali masih mendominasi separuh lebih dari penerbangan atau 54 persen disusul penerbangan ke Medan sebanyak 19 persen dan Balikpapan 15 persen.

Menurut Executive General Manager Bandara Nuril Huda mengatakan ada 37.000 penumpang dari 29 Oktober hingga 20 November 2023 lalu terbang dari Kertajati. 

Angka ini, kata Nuril, cukup positif karena untuk tahun pertama reaktivasi pihaknya menargetkan 1,6 juta penumpang terbang dari Kertajati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement