Sabtu 23 Dec 2023 08:24 WIB

Puncak Arus Momen Natal di Tol Cipali Diprediksi 23 Desember Ini

Diperkirakan sekitar 97 ribu kendaraan melintasi ruas Tol Cipali hari ini.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Ruas Tol Cipali.
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
(ILUSTRASI) Ruas Tol Cipali.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Puncak arus kendaraan yang melintasi Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada momen Natal diprediksi terjadi hari ini, Sabtu (23/12/2023). Diperkirakan ada puluhan ribu kendaraan yang melintasi ruas Tol Cipali.

“Kami memprediksi puncak arus Natal akan terjadi pada 23 Desember 2023, dengan prediksi 97 ribu kendaraan melintas di ruas Tol Cipali. Sedangkan puncak arus libur tahun baru diprediksi akan terjadi pada 1 Januari 2024, dengan total kendaraan yang melintas sebesar 101 ribu kendaraan,” kata Direktur Operasi Astra Tol Cipali, Daisy Setiawan.

Baca Juga

Volume lalu lintas kendaraan di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada momen libur Natal dan tahun baru (Nataru) kali ini diprediksi naik sekitar delapan persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Astra Tol Cipali memperkirakan kendaraan yang melintas mencapai sekitar 1,6 juta kendaraan. Dibandingkan lalu lintas harian, diperkirakan ada peningkatan trafik di ruas Tol Cipali sekitar 46 persen.

Astra Tol Cipali sudah melakukan berbagai persiapan terkait keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol. Seperti merampungkan pekerjaan lajur tiga pada awal Desember, yang sudah bisa dioperasikan selama momen Nataru ini.

Mengantisipasi terjadinya kepadatan, rekayasa lalu lintas berupaya contraflow disiapkan. Daisy mengatakan, ada penambahan 4.000 rubber cone untuk pelaksanaan rekayasa lalu lintas contraflow.

“Kami juga menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa contraflow di dua titik, yakni KM 83 sampai KM 87 dan KM 152 sampai KM 169, selama periode Nataru, guna mengantisipasi adanya kepadatan lalu lintas. Namun, tentunya contraflow ini masih situasional mengikuti kondisi di lapangan,” kata Daisy.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement