Kamis 21 Dec 2023 14:11 WIB

Waspada Cuaca Ekstrem dan Bencana Saat Nataru, KAI Daop 3 Cirebon Siapkan AMUS

KAI Daop 3 Cirebon juga menyiagakan petugas ekstra.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Petugas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon beraktivitas di jalur kereta.
Foto: Dok Humas Daop 3 Cirebon
(ILUSTRASI) Petugas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon beraktivitas di jalur kereta.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon mengantisipasi kondisi musim hujan dan potensi cuaca ekstrem saat masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. Sejumlah petugas dan Alat Material untuk Siaga (AMUS) disiapkan untuk mengantisipasi kejadian bencana yang dapat mengganggu perjalanan kereta api.

Masa Angkutan Nataru ditetapkan selama 18 hari, mulai 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024. Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon Dicky Eka Priandana mengatakan, pihaknya sudah melakukan sejumlah antisipasi untuk meminimalkan potensi gangguan perjalanan kereta api.

Baca Juga

Seperti melakukan normalisasi saluran air dari tumpukan sampah dan membuang lumpur keluar rumija (​​ruang milik jalur kereta api). Selain itu, dilakukan penguatan penahan tanah pada lokasi rawan ambles dengan retaining wall maupun beronjong. “Juga penempatan AMUS di 17 titik,” kata Dicky, Kamis (21/12/2023).

AMUS disebut ditempatkan di Stasiun Pabuaran, Pasirbungur, Pegaden Baru, Haurgeulis, Terisi, Jatibarang, Arjawinangun, Cirebon, Cirebon Prujakan, Babakan, Tanjung, Bulakamba, Brebes, Sindang Laut, Ciledug, Ketanggungan, dan Songgom. AMUS disiagakan untuk mempercepat penanganan di jalur kereta yang mengalami gangguan.

PT KAI Daop 3 Cirebon juga menyiagakan 12 petugas posko daerah rawan ekstra di enam lokasi, serta 47 Petugas Penilik Jalan (PPJ) ekstra dan 27 Penjaga Jalan Lintasan (PJL) ekstra. Menurut Dicky, para petugas itu akan memantau lintasan apabila terjadi kondisi yang dapat menghambat perjalanan kereta.

Untuk memastikan kesiapan pengamanan Angkutan Nataru, pada Kamis ini PT KAI Daop 3 Cirebon melaksanakan Apel Gelar Pasukan di halaman Parkir Stasiun Cirebon, Kamis (21/12/2023). Apel diikuti seluruh pekerja kantor PT KAI Daop 3 Cirebon, perwakilan dari posko-posko di stasiun, serta petugas pengamanan dari unsur internal KAI, yakni Polsuska dan security.

Selain itu, diikuti juga oleh personel bantuan pengamanan eksternal dari unsur TNI dan Polri, petugas tambahan Customer Service Mobile dan relawan dari Komunitas Pencinta Kereta Api (Railfans) IRPS Korwil Cirebon, Komunitas Edan Sepur Cirebon, dan KRD3. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk memastikan kesiapan seluruh personel pengamanan Angkutan Nataru 2023/2024,” kata Dicky. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement