REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Untuk mewujudkan pelayanan yang cepat kepada peserta, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat membuat inovasi. Yakni, menghadirkan program layanan spesial yang dilaksanakan oleh Kantor Cabang bernama SOMEAH (Solid Melayani Peserta Sepenuh Hati). Program ini pun, bisa mengurai antrean pada jam padat.
Menurut Kepala Kantor Wilayah Jawa Barat (Jabar) BPJS Ketenagakerjaan, Kunto Wibowo, layanan SOMEAH ini bertujuan untuk memberikan pelayanan cepat dan tepat. Sehingga, peserta dapat dilayani dengan baik serta optimal. "Ini adalah bentuk kolaborasi antar bidang internal di jajaran Kantor Cabang di wilayah Jawa Barat dalam melayani seluruh peserta,” ujar Kunto.
Kunto Wibowo mengatakan, SOMEAH merupakan langkah strategis dalam membangun budaya layanan yang lebih responsif dan adaptif. “Kami ingin memastikan bahwa transformasi layanan tidak berhenti di satu inovasi, tetapi terus berkembang sejalan dengan kebutuhan peserta. SOMEAH adalah salah satu bentuk komitmen kami untuk selalu menghadirkan pelayanan terbaik setiap hari,” kata Kunto.
SOMEAH, merupakan aktivitas layanan yang dilaksanakan setiap hari khususnya pada pagi hari ketika peserta mulai memadati ruang layanan. Karyawan back office yang sebelumnya tidak terlibat langsung dalam proses layanan, kini hadir untuk memastikan bahwa setiap peserta yang datang ke Kantor Cabang memperoleh informasi yang jelas.
Sehingga, bantuan proses klaim dari petugas serta kebutuhan layanan lainnya dengan lebih mudah dan efisien, baik melalui kanal digital seperti JMO (Jamsostek Mobile), LAPAK ASIK (Layanan Tanpa Kontak Fisik) online, JMO Mitra Unit Layanan maupun layanan onsite di Kantor Cabang.
"SOMEAH ini, memberikan sejumlah manfaat nyata. Antara lain, mengurai antrian pada jam padat khususnya di pagi hari, mempercepat waktu tunggu di ruang layanan, mewujudkan pelayanan yang cepat dan tanggap, serta menjaga proses layanan berlangsung lebih tertib, terarah dan nyaman bagi peserta," paparnya.
BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen bahwa pelayanan prima bukan hanya tujuan, tetapi standar yang harus diwujudkan setiap hari. Melalui SOMEAH, semangat melayani dengan sepenuh hati diharapkan dapat dirasakan langsung oleh seluruh peserta di seluruh kantor cabang.
"Kami seluruh personil Kanwil Jabar turun ke bawah setiap harinya membantu pelayanan di Kantor Cabang Bandung Suci setelah melakasanakan morning briefing, pastinya untuk melayani dan menjawab keperluan para peserta yang datang."
Sementara menurut Moch Faisal selaku Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci, hadirnya SOMEAH merupakan bentuk komitmen untuk mengutamakan pelayanan yang humanis, efisien dan berfokus pada kepuasan peserta. "Program ini menjadi langkah nyata institusi untuk terus berinovasi dan memastikan setiap peserta mendapatkan pengalaman layanan yang baik dari awal hingga akhir proses," katanya
Menurut salah satu peserta yang datang untuk melakukan reset pada akun JMO, layanan ini sangat baik. Yakni, mulai dari kebersihan kantornya hingga pelayanannya. "Costumer Service Officer nya telah membantu dan melayani dengan cepat, baik dan ramah hingga proses selesai," katanya.