Ahad 24 Dec 2023 14:50 WIB

Libur Nataru, Pantai Pangandaran Dikunjungi Puluhan Ribu Wisatawan 

Kunjungan ke Pantai Pangandaran pada Sabtu (23/12/2023), mencapai 34 ribu orang.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus Yulianto
Suasana di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Ahad (24/12/2023).
Foto: dok. Republika
Suasana di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Ahad (24/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Kunjungan wisatawan ke Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, mengalami peningkatan di momen libur Natal dan tahun baru (Nataru). Peningkatan kunjungan wisatawan terjadi sejak beberapa hari ke belakang. 

Berdasarkan data kunjungan ke objek wisata Pantai Pangandaran, wisatawan yang masuk berjumlah sekitar 15.114 orang pada Jumat (22/12/2023). Sementara itu, berdasarkan catatan Polres Pangandaran, kunjungan ke Pantai Pangandaran pada Sabtu (23/12/2023), mencapai sekitar 34 ribu orang.

"Jadi hari ini lebih landai dibandingkan kemarin," kata Kepala Polres (Kapolres) Pangandaran AKBP Imara Utama, Ahad (24/12/2023).

Kendati kunjungan wisatawan relatif melandai, kepadatan masih terjadi di sekitar Pantai Pangandaran. Kemacetan lalu lintas juga sempat terjadi di pintu masuk objek wisata itu.

Imara mengatakan, tingginya kunjungan wisatawan pada Sabtu lalu dan masih cukup banyaknya wisatawan yang berdatangan pada hari ini membuat kepadatan kendaraan sempat terjadi di pintu masuk Pantai Pangandaran. Pasalnya, terdapat antrean kendaraan yang hendak masuk dan keluar. 

"Kepadatan tadi pukul 11.00-14.00 WIB karena ada wisatawan yang masuk dan keluar, sehingga antrean agak padat. Namun tidak ada kendala, karena gerbang ditambah," kata Imara.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran Irwansyah mengatakan, kepadatan pada sekitar pukul 11.00 hingga pukul 14.00 WIB merupakan hal yang wajar saat musim libur panjang. Pasalnya, di satu sisi terdapat kendaraan mau keluar hotel. Di sisi lain, ada kendaraan yang mau masuk. 

"Itu sudah diantisipasi karena kami sudah ada tim gabungan. Kami juga menerapkan one way di Pantai Timur dan Pantai Barat, agar tidak ada kepadatan," kata dia.

Sementara itu, di jalur lainnya, seperti jalur menuju objek wisata Pantai Batukaras atau Green Canyon, lalu lintas masih terpantau lancar. Namun, pihaknya tetap menyiagakan personel untuk melakukan pengaturan lalu lintas. 

"Prediksi puncak itu akan terjadi pada 30 dan 31 Desember. Itu akan terjadi kunjungan yang cukup ramai. Jadi puncak pada malam tahun baru," kata Irwansyah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement