Senin 25 Dec 2023 10:16 WIB

 BLT El Nino Rp 400 Ribu Disalurkan di Kota Bandung

BLT El Nino untuk menjaga stabilitas dan melindungi masyarakat terdampak kekeringan.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Warga antre mengambil bantuan langsung tunai (BLT) El Nino di Kantor Pos Besar.
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Warga antre mengambil bantuan langsung tunai (BLT) El Nino di Kantor Pos Besar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bantuan Langsung Tunai (BLT El Nino) periode November dan Desember sebesar Rp 400 ribu, telah disalurkan kepada penerima manfaat di Kota Bandung akhir Desember. BLT dapat diambil tunai di PT Pos Indonesia maupun di Bank BNI dan diharapkan digunakan untuk membeli kebutuhan pokok seperti sembako.

Kepala Dinas Sosial Kota Bandung Sony Bachtiar mengatakan, pemerintah pusat menggelontorkan BLT El Nino untuk menjaga stabilitas dan melindungi masyarakat terdampak dari fenomena cuaca El Nino. Berdasarkan pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), El Nino menyebabkan kekeringan.

Kekeringan tersebut, dia mengatakan, berdampak kepada kelangkaan dan harga komoditas menjadi tinggi. Oleh karena itu, membuat daya beli masyarakat menjadi menurun.

"Bantuan yang diberikan senilai Rp 200 ribu per bulan untuk keluarga penerima manfaat. Selama periode November dan Desember disalurkan melalui mekanisme rapel sebesar Rp 400 ribu," ucap dia saat dikonfirmasi, Senin (25/12/2023).

 

Dia menuturkan, penerima BLT El Nino merupakan warga yang sudah terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang terdiri dari tiga klaster. Mereka yaitu lanjut usia, penyandang disabilitas dan anak tidak dalam keluarga. Kepala keluarga di atas 40 sampai 60 tahun dan di bawah 40 tahun.

Sony mengatakan, penyaluran dilakukan melalui Bank BNI serta PT Pos Indonesia. Mereka yang mengambil via PT Pos Indonesia dapat dilakukan di PT Pos Asia Afrika dan Ujungberung.

Dia mengatakan, penyaluran BLT El Nino di PT Pos Indonesia cabang Asia Afrika sejak tanggal 20 Desember hingga 23 Desember. Sedangkan di Ujungberung tanggal 20 Desember dan 22 Desember tahun 2023.

Sony menambahkan, pihaknya meminta masyarakat untuk membelanjakan dana BLT El Nino untuk kebutuhan pokok. Ia melarang dana digunakan untuk membeli rokok, peralatan kecantikan bahkan untuk perjudian.

"Keluarga penerima manfaat dapat membelanjakan dana bantuan dimana saja dan kapan saja," kata dia.

Sony mengimbau, apabila terjadi penyelewangan bansos untuk segera dilaporkan kepada Dinsos Kota Bandung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement