Jumat 29 Dec 2023 22:27 WIB

Libur Akhir Tahun, Waspada Jalur Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Cianjur

Polres Cianjur menambah papan peringatan di jalur rawan kecelakaan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Warga melihat truk yang mengalami kecelakaan di Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (21/12/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Henry Purba
Warga melihat truk yang mengalami kecelakaan di Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (21/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR — Pengguna kendaraan diminta selalu waspada saat melintasi sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang selama ini rawan kecelakaan lalu lintas. Mengantisipasi kejadian kecelakaan, Polres Cianjur menambah papan peringatan di jalur rawan.

“Kami menambah papan peringatan bagi pengendara yang melintas beberapa ratus meter sebelum titik rawan kecelakaan, seperti di Jalan Raya Gekbrong, Puncak Pass hingga Cipanas, dan jalur Bandung-Cianjur, agar menjadi kewaspadaan bagi pengendara,” kata Kepala Polres (Kapolres) Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan, Jumat (29/12/2023).

Baca Juga

Menurut Kepala Unit Penegakan Hukum (Gakkum) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cianjur Iptu Hadi Kurniawan, di sejumlah jalur tersebut kerap terjadi kecelakaan lalu lintas, bahkan mengakibatkan korban jiwa. Karenanya, pengguna kendaraan diminta lebih berhati-hati ketika melintasi sejumlah jalur tersebut, termasuk saat masa libur akhir tahun ini.

“Kami minta pengendara, terutama wisatawan dengan tujuan Cianjur, untuk tetap waspada saat melintas, terutama ketika cuaca ekstrem di mana hujan lebat membuat jarak pandang menjadi terbatas,” kata Hadi.

 

Volume kendaraan yang melintasi sejumlah jalur utama wilayah Cianjur diperkirakan mengalami peningkatan pada momen libur akhir tahun ini. Kapolres mengatakan, ratusan petugas akan disiagakan untuk melakukan pengamanan dan pengaturan arus kendaraan.

Menurut Kapolres, pihaknya juga menyiapkan tim pengurai yang berperan melakukan penanganan di lokasi rawan kepadatan atau kemacetan lalu lintas, seperti di jalur Puncak-Cipanas dan wilayah pusat kota Cianjur.

Selain itu, Kapolres mengatakan, ada juga tim bermotor Satuan Sabhara Polres Cianjur yang disiapkan melakukan patroli untuk menjaga keamanan. “Tim patroli juga bertugas melakukan pengaturan arus lalu lintas ketika terjadi antrean di setiap jalur yang mereka lewati, selain menjaga keamanan dan kenyamanan selama libur panjang akhir tahun,” kata Kapolres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement