Selasa 02 Jan 2024 11:22 WIB

Gempa Sumedang, Pakar ITB Ingatkan Waspadai Gempa yang Tak Telalu Besar

Waspadai kekuatan gempa yang tidak terlalu besar tapi dapat timbulkan kerusakan

Sejak awal tahun 2021, BNPB mencatat sudah ada 221 bencana yang terjadi di Indonesia
Foto:

Bangunan di Sumedang Padat Berpotensi Alami Banyak Kerusakan 

Kemudian yang ketiga, kata dia, adalah kondisi geografis wilayah di Sumedang dan sekitarnya yang memiliki banyak penduduk dan telah dipadati bangunan. Sehingga, dapat berpotensi menimbulkan banyak kerusakan saat terjadi bencana.

Oleh karena itu, Irwan meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana gempa yang walaupun kekuatannya tidak terlalu besar, namun tetap dapat menimbulkan dampak kerusakan. "Hal inilah yang perlu menjadi pembelajaran, khususnya bagi masyarakat di Jawa Barat. Sebab, kita juga pernah ada kejadian yang mirip, yakni gempa Cianjur pada November tahun lalu. Meski kekuatannya berbeda, tapi tetap memberikan kerusakan yang signifikan," paparnya.

Masyarakat pun diimbau untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan serta kewaspadaan terhadap gempa bumi susulan maupun potensi bencana lainnya. "Jangan lupa untuk tetap mengikuti petunjuk dari pemerintah, instansi, serta otoritas setempat mengenai informasi terkini bencana. Tetaplah tenang dan hindari kepanikan, agar dapat berpikir dengan lebih jernih guna mengambil langkah-langkah yang selanjutnya diperlukan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement