Selasa 09 Jan 2024 16:42 WIB

Beredar Viral Video Kereta Anjlok di Ciawi Tasikmalaya, KAI: Hoaks

KAI sebut yang beredar itu merupakan video lama.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Arie Lukihardianti
Petugas membawa jenazah korban tabrakan kereta di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi seluruh korban meninggal dunia kecelakaan rangkaian kereta api lokal Bandung Raya yang bertabrakan dengan kereta api Turangga. PT KAI menyatakan 4 orang meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut. Penyebab kecelakaan hingga kini masih dalam proses penyelidikan.
Foto:

Kecelakaan Kereta di Cicalengka

Tabrakan kereta api terjadi antara KA 350 Commuter Line dan KA 66 Turangga di Petak Cicalengka, Haurpugur, dekat sinyal masuk pihak Haupugur, Jumat (5/1/2024) pukul 06.30 WIB. Akibat tabrakan tersebut, Jalur Petak Jalan Cicalengka - Haurpugur terhalang dan tak bisa dilalui.

Pesan WhatsApp yang beredar dari Komunitas Edan Sepur Indonesia Koordinator Wilayah 2 Bandung Raya melaporkan sejumlah pihak sudah dikoordinasikan terkait kecelakaan tersebut. Antara lain, Polresta Bandung, Kantor Basarnas Bandung, PMI Kota Bandung, dan Disdamkar Kab. Bandung.

"Demi kelancaran dan keselamatan perjalanan kereta api kepada relawan dan masyarakat yang akan ke lokasi untuk tidak mendekat area rel kereta api kecuali petugas dan relawan yang ditunjuk," tulis komunitas tersebut.

Sebelumnya, dilaporkan dua kereta api lokal dan jarak jauh bertabrakan di daerah Haurpugur, Cicalengka, Bandung, Jumat (5/1/2024) pagi. Dua kereta yang bertabrakan tersebut adalah kereta lokal Commuter Line Bandung Raya dengan KA Turangga.

Dalam video yang beredar, dua gerbong kereta tersebut terlihat ringsek. Bahkan, sejumlah gerbong sampai keluar dari jalurnya.

Tabrakan tersebut membuat warga sekitar ramai-ramai mendatangi lokasi kejadian.

Hingga berita ini diturunkan, Republika masih mencari informasi terkait penyebab kecelakaan, termasuk apakah ada korban jiwa serta jumlah kerugian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement