Kamis 11 Jan 2024 22:52 WIB

Rumah Terancam Longsor, Satu Keluarga di Cisompet Garut Dievakuasi

Longsor dilaporkan menggerus jalan desa dan mengancam rumah warga.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Lokasi terdampak longsor.
Foto: Republika/Bayu Adji P.
(ILUSTRASI) Lokasi terdampak longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Longsor terjadi di wilayah Kampung Pamukim, Desa Panyindangan, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Bencana itu mengancam satu rumah warga, sehingga penghuninya mesti dievakuasi.

Kepala Polsek (Kapolsek) Cisompet AKP Hilman Nugraha menjelaskan, jajarannya mengecek lokasi terdampak longsor yang terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Kampung Pamukim, Desa Panyindangan, Kecamatan Cisompet, Rabu (10/1/2024).

Baca Juga

Menurut dia, longsor itu menggerus jalan desa dan mengancam satu rumah warga yang berada di pinggir jalan itu. “Satu rumah terancam (longsor) milik Bapak Rusmana, umur 63 tahun, tanggungan keluarga empat jiwa,” ujar Kapolsek, Kamis (11/1/2024).

Melihat ancaman longsor itu, personel kepolisian bersama warga mengevakuasi keluarga Rusmana. Keluarga tersebut dievakuasi ke rumah sanak saudaranya yang dinilai aman.

 

“Rumah milik Bapak Rusmana kami kosongkan dan (keluarganya) dievakuasi ke rumah sanak saudaranya terdekat untuk menjaga keselamatan karena terancam oleh material tanah dan air,” kata Kapolsek.

Kapolsek mengatakan, tidak ada korban jiwa akibat kejadian longsor. Untuk penanganan ke depan, kata dia, pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah desa. Ia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada akan potensi bencana pada musim hujan.

“Kami melakukan patroli mitigasi bencana di sekitar lokasi dan berkoordinasi dengan pihak Desa Panyindangan untuk penanganan lebih lanjut,” ujar Kapolsek.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement