Senin 29 Jan 2024 14:53 WIB

KPU Kota Cirebon Pastikan Ratusan Difabel Bisa Mencoblos di Pemilu 2024

Saat mencoblos, pemilih bisa membisikkan mau coblos partai apa pada pendamping

Pemilih penyandang disabilitas didampingi keluarganya saat mencoblos surat suara pada simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di TPS 25
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Pemilih penyandang disabilitas didampingi keluarganya saat mencoblos surat suara pada simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di TPS 25

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, Jawa Barat (Jabar), memberikan pelayanan khusus bagi 220 orang pemilih penyandang disabilitas. Dengan begitu, KPU bisa menjamin mereka dapat menyalurkan hak suara pada pencoblosan Pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari.

"Kami sediakan tempat pemungutan suara (TPS) yang mudah diakses dan ramah penyandang disabilitas," kata Ketua KPU Kota Cirebon Mardeko di Cirebon, Jawa Barat, Senin (29/1/2024).

Baca Juga

Mardeko mengatakan layanan khusus itu tidak hanya menyediakan TPS yang mudah dijangkau, tetapi juga mendampingi pemilih difabel saat pemungutan suara. Menurutnya, para pendamping bisa berasal dari pihak keluarga maupun petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang telah menyatakan diri bersedia mendampingi pemilih.

"Nanti mereka mengisi surat keterangan pendamping pemilih. Saat mencoblos, pemilih bisa membisikkan mau coblos partai apa. Kemudian, pendamping ini yang membantu mereka," katanya.

Selain itu, kata dia, KPU juga telah menyiapkan surat suara khusus untuk jenis pemilihan presiden dan wakil presiden serta surat suara pemilihan anggota DPD RI yang bisa dicoblos oleh pemilih tunanetra dengan fasilitas huruf Braille. "Tetapi tidak semua surat suara, hanya pilpres dan DPD RI. Surat suara itu bisa dibaca oleh pemilih tunanetra," katanya.

Mardeko mengatakan KPU Kota Cirebon berkomitmen menghadirkan ruang yang ramah untuk pemilih disabilitas. Artinya, penyelenggaraan pemilu serentak tahun ini menjadi momentum guna mencapai demokrasi yang inklusif di Kota Cirebon.

Menurut Mardeko, KPU Kota Cirebon telah menggelar simulasi penghitungan dan pemungutan suara Pemilu 2024. Dia mengemukakan simulasi tersebut berlangsung di TPS 018, Kelurahan Drajat, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, yang melibatkan 100 orang sebagai sampel pemilih. "Kami juga melakukan praktik penggunaan aplikasi Sirekap, aplikasi yang dikembangkan oleh KPU untuk transparansi dan mempercepat kegiatan proses rekap suara," katanya.

Mardeko berharap pelaksanaan pemilu dengan jumlah 252.385 orang daftar pemilih tetap (DPT) yang akan mencoblos di 1.026 lokasi TPS di Kota Cirebon bisa berjalan aman tanpa kendala apa pun.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement