Rabu 31 Jan 2024 19:33 WIB

DPR RI Apresiasi Kinerja Dadang Supriatna dalam Pembangunan Kabupaten Bandung

Ratusan prestasi dan penghargaan berhasil diraih Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Samsurijal menghadiri kegiatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-101 dan peresmian Jalan Utama Pangalengan-Kertasari di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Rabu (31/1/2024).
Foto: Dok. Pemkab Bandung
Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Samsurijal menghadiri kegiatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-101 dan peresmian Jalan Utama Pangalengan-Kertasari di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Rabu (31/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BANDUNG -- Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Samsurijal menghadiri kegiatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-101 dan peresmian Jalan Utama Pangalengan-Kertasari di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Rabu (31/1/2024). Dalam kegiatan tersebut, Cucun mengapresiasi sosok Dadang yang kini menjadi Bupati Bandung.

"Kita dulu 20 tahun jadi penonton. Sekarang warga NU harus bangga dan bersyukur sudah punya Bupati yang merupakan warga NU juga, namanya Dadang Supriatna. Saya sebagai warga NU, sangat gembira," ujar Cucun.

Baca Juga

Cucun mengaku sangat mengapresiasi kinerja luar biasa Bupati Dadang Supriatna dalam memimpin Kabupaten Bandung. Ia bahkan tak ragu menyebut Dadang sebagai salah seorang kepala daerah paling berprestasi di Indonesia.

"Walau baru menjabat Bupati Bandung selama 2,9 tahun, tapi kinerja Pak Bupati Dadang Supriatna ini sangat luar biasa. Ratusan prestasi dan penghargaan sudah diraih selama beliau jadi Bupati. Saya sebagai Ketua Fraksi PKB DPR RI dari Kabupaten Bandung ikut bangga," ungkap Cucun.

Ia menilai program-program Bupati Dadang Supriatna dinilai tepat sasaran dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Di antara berbagai program yang digulirkan Bupati Bandung, lanjut Cucun, program insentif guru ngaji merupakan salah satu program yang paling fenomenal, bahkan menjadi pembicaraan para kepala daerah di Indonesia.

"Saya harus katakan, bahwa program insentif guru ngaji ini sangat luar biasa. Di Indonesia hanya Kabupaten Bandung yang bisa mengalokasikan anggaran Rp 109 miliar per tahun untuk para guru ngaji.  Belum ada daerah lain yang bisa meniru Kabupaten Bandung bisa menggaji para guru ngaji," ungkap Cucun.

Cucun yang juga anggota DPR RI dari Dapil Kabupaten Bandung dan Bandung Barat itu menggaransi alokasi Rp 109 miliar untuk insentif guru ngaji tersebut, sama sekali tidak memangkas pos anggaran bidang lainnya. Sebab, ia mengaku terlibat langsung dalam menggolkan program insentif bagi belasan ribu guru ngaji se-Kabupaten Bandung itu.

"Pada hari ini saya juga bersyukur karena jalan yang menghubungkan Pangalengan dan Kertasari sekarang sudah bagus. Ini anggarannya Rp 38 miliar dari aspirasi saya, bukan uang sedikit. Aspirasinya dari saya sebagai anggota DPR RI, dan dilaksanakan oleh Bupati Bandung," kata Cucun.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengaku sangat berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan untuk pembangunan di Kabupaten Bandung. 

"Saya tentu tidak akan mampu membangun Kabupaten Bandung jika hanya mengandalkan APBD. Tapi alhamdulilah Ketua Fraksi PKB DPR RI Kang Haji Cucun, banyak sekali membantu. Beliau banyak membawa anggaran dari pusat untuk pembangunan di Kabupaten Bandung," ujar Dadang.

Sebagai contoh, lanjut Dadang, sebelum dirinya dilantik sebagai Bupati, APBD Kabupaten Bandung pada 2021 hanya Rp 4,6 triliun. Namun saat ini, APBD Kabupaten Bandung tahun 2024 mencapai Rp 7,4 triliun berkat peningkatan dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU).

"Peran Ketua Fraksi PKB DPR RI sangat luar biasa. Beliau membantu luar biasa untuk mendorong peningkatan transfer daerah melalui DAK dan DAU. Termasuk beliau melalui dana aspirasinya menyelesaikan jalan dari Pangalengan ke Kertasari yang sekarang kita resmikan ini," ungkap Dadang.

Ia juga menyebutkan bahwa selama 2023, Anggaran DPR RI sudah dialokasikan sebesar Rp 78 miliar untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bandung terutama untuk jalan dan jembatan. Kemudian, juga bantuan untuk pembangunan sebanyak 7.500 unit rumah tidak layak huni (rutilahu) serta bantuan peralatan kesehatan (alkes) untuk melengkapi beberapa rumah sakit baru yang baru dibangun di Kabupaten Bandung senilai Rp 300 miliar.

"Saya menghaturkan terima kasih kepada Ketua Fraksi PKB DPR RI Kang Haji Cucun yang memberikan perhatian besar dan luar biasa untuk pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bandung," kata Dadang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement