Sabtu 10 Feb 2024 12:50 WIB

Pj Gubernur Jabar Pastikan Perayaan Imlek Berjalan Lancar

Pengamanan dilakukan di seluruh vihara yang melaksanakan perayaan Imlek.

Rep: Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Hafil
Atraksi barongsay menghibur penumpang di Stasiun Kereta Cepat Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (10/2/2024). PT KCIC menggelar pertunjukan barongsay  untuk menghibur penumpang yang akan menaiki dan turun dari Kereta Cepat Halim juga membagikan jeruk kepada calon penumpang dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Imlek 2574.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Atraksi barongsay menghibur penumpang di Stasiun Kereta Cepat Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (10/2/2024). PT KCIC menggelar pertunjukan barongsay untuk menghibur penumpang yang akan menaiki dan turun dari Kereta Cepat Halim juga membagikan jeruk kepada calon penumpang dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Imlek 2574.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG-- Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan perayaan Imlek dipastikan berjalan aman, lancar dan kondusif. Pengamanan dilakukan di seluruh vihara yang melaksanakan perayaan Imlek.

Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Barat melakukan pengecekan Vihara Samudra Bhakti, Kota Bandung jelang tahun baru Imlek 2575, Jumat (9/2/2024) malam. Hadir Pj Gubernur Jabar, Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi.

Baca Juga

"Kami atas nama Forkopimda Jawa Barat mengucapkan selamat tahun baru Imlek, semoga tahun ini diberi kebahagian dan kelancaran," ucap dia.

Kedatangannya bersama jajaran lain ke vihara untuk memastikan mereka yang merayakan Imlek nyaman, aman, dan kondusif. Pengamanan seluruh vihara di Jawa Barat telah dilakukan.

 

"Kita lihat bahwa semuanya merayakan dan melaksanakan sembahyang dengan baik," kata dia.

Sebelumnya, Polrestabes Bandung bersama tim penjinak bom (jibom) Brimob Polda Jawa Barat melakukan sterilisasi Vihara Dharmaramsi di Jalan Cibadak, Kota Bandung, Jumat (9/2/2024). Mereka memastikan penyelenggaraan Imlek berjalan dengan aman dan lancar.

Pengecekan dan sterilisasi menggunakan alat pendeteksi bahan peledak, metal detector, dan lainnya. Sterilisasi dilakukan menyeluruh mulai dari halaman, pintu masuk, bagian dalam vihara hingga gudang.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan sterilisasi dilakukan untuk memastikan perayaan tahun baru Imlek berjalan aman dan lancar.

"Jelang Imlek, Polrestabes Bandung mengecek ke sejumlah vihara yang melaksanakan kegiatan ibadah," ucap dia, Jumat (9/2/2024).

Ia mengatakan terdapat 34 vihara di Kota Bandung dan 19 vihara digunakan untuk perayaan Imlek. Pihaknya melakukan sterilisasi di 19 vihara dan sisanya dilakukan polsek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement