Jumat 23 Feb 2024 13:36 WIB

BNPB Bakal Beri Dana Bantuan Bagi Rumah Rusak Akibat Puting Beliung di Bandung

Sejumlah bantuan seperti makanan dan peralatan secara terbatas disalurkan

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Dampak Angin Puting Beliung di wilayah Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Foto: Republika
Dampak Angin Puting Beliung di wilayah Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan memberikan dana bantuan bagi rumah rusak akibat puting beliung di Kabupaten Bandung. Dana bantuan akan diberikan untuk rumah rusak ringan, rusak sedang dan rusak berat.

Seperti diketahui, tiga kecamatan di Kabupaten Bandung terdampak angin puting beliung, Rabu (21/2/2024). Terdiri dari Kecamatan Rancaekek, Kecamatan Cicalengka dan Cileunyi.

Baca Juga

Deputi Bidang Penanganan Darurat Mayjen TNI Fajar Setyawan mengatakan kehadiran di lokasi terdampak puting beliung untuk memastikan korban mendapatkan penanganan dan layanan. Sejumlah bantuan seperti makanan dan peralatan secara terbatas pun disalurkan.

"Saya deputi penanganan darurat bertanggungjawab langsung mengecek masyarakat terdampak tidak boleh menderita terlalu lama sehingga kedatangan kami ke sini memberikan suport kebutuhan dasar," ujar Fajar saat meninjau lokasi puting beliung di posko darurat Perum Griya Permata, Jumat (23/2/2024).

Fajar mengatakan, kebutuhan dasar yang disalurkan seperti makanan dan peralatan secara terbatas dan tenda. Pihaknya bekerja sama dengan Kementerian PUPR akan melakukan asesmen rumah yang mengalami rusak ringan, sedang dan berat.

Setelah diasesmen, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat, provinsi dan daerah berbagi peran untuk memberikan bantuan. Dana bantuan perbaikan rumah di lokasi bencana sebelumnya bervariasi. "Yang sudah-sudah rusak ringan di Cianjur Rp 15 juta, sedang Rp 30 juta dan rusak berat Rp 60 juta," katanya.

Menurut Fajar, dana bantuan perbaikan rumah akan diberikan setelah penetapan rumah-rumah yang mengalami rusak ringan, sedang dan berat. Para pemilik rumah dapat membangun rumah sendiri atau dibangun pemerintah dengan menunjuk pihak ketiga.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mengungkapkan ribuan jiwa di tiga kecamatan yaitu Cicalengka, Rancaekek dan Cileunyi terdampak puting beliung, Rabu (21/2/2024) kemarin. Selain itu 497 rumah mengalami kerusakan mulai dari ringan hingga berat.

Kasi Darurat Logistik BPBD Kabupaten Bandung Asep Mahmud mengatakan angin puting beliung merusak bangunan rumah dan lainnya di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Rancaekek, Cicalengka, kemudian Cileunyi. Terdapat 1.308 jiwa terdampak.

"Ada 1.308 jiwa (terdampak), 422 kepala keluarga, 223 bangunan rusak berat, 208 bangunan rusak sedang dan 66 adalah rusak ringan," kata Asep di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Kamis (22/2/2024).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement