Selasa 05 Mar 2024 15:18 WIB

Jusuf Kalla Ungkap Solihin GP Dikenang Masyarakat Sulawesi Selatan

Solihin GP dikenang oleh masyarakat Sulawesi Selatan karena sempat bertugas disana

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Mantan Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla takziah ke almarhum Solihin GP di tempat persemayaman di Mako II Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (5/3/2024).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Mantan Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla takziah ke almarhum Solihin GP di tempat persemayaman di Mako II Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (5/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Mantan Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla menilai sosok Solihin GP sebagai orang yang tegas dan ramah kepada rakyat. Ia mengenal mantan Gubernur Jabar periode 1970-1975 ini, saat bertugas di Makassar.

"Ya pak Solihin sebagai pemimpin yang sangat tegas dan ramah terhadap rakyat, saya mengenal beliau sejak di Makassar dulu, jadi sampai di sini saya selalu kunjungi dan kita bersahabat baik," ujar Jusuf Kalla saat takziah ke persemayaman almarhum di Mako II Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (5/3/2024).

Baca Juga

Meski seseorang yang berlatar militer, kata dia, almarhum tetap merakyat. Jusuf Kalla menilai sikap seperti itu sangat tidak mudah dilakukan. "Walaupun militer tapi sangat merakyat, tidak mudah itu," kata dia.

Terkait dengan kondisi almarhum yang sempat sakit, Jusuf Kalla mengaku berkunjung ke rumah almarhum sebulan lalu. Jusuf Kalla mendengar bahwa almarhum masuk rumah sakit dua pekan dan belum sempat berkunjung. Ia mengungkapkan sosok Solihin GP dikenang oleh masyarakat Sulawesi Selatan saat masih menjabat di wilayah tersebut. Sebab berhasil menyelesaikan masalah keamanan.

 

"Ya, beliau itu kan memang dengan jenderal Yusuf duet maut itu saat panglima dan kepala staf yang menyelesaikan masalah keamanan dulu di Sulawesi Selatan, jadi selalu dikenang oleh masyarakat Sulawesi Selatan bagaimana beliau," kata dia.

Almarhum disemayamkan di Mako II Makodam III Siliwangi pada Selasa (5/3/2024) siang dan dimakamkan di Tempat Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Cikutra Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement