Sabtu 16 Mar 2024 14:01 WIB

Pengelola Wisata Bersiap Sambut Libur Lebaran

Saat libur lebaran, jumlah pengunjung yang datang sekitar 2 ribu orang per hari

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Obyek wisata di Kuningan (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Obyek wisata di Kuningan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN--- Libur lebaran menjadi momen yang dinantikan banyak orang untuk mudik sekaligus berwisata. Untuk itu, pengelola wisata di Kabupaten Kuningan telah melakukan persiapan sejak sekarang guna menyambut pengunjung yang datang.

Hal itu seperti yang dilakukan pihak Bumdes Arya Kemuning, selaku pengelola wisata Talaga Biru Cicerem dan Sideland Kaduela, di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. ‘’Berbagai persiapan sudah kami lakukan, termasuk pembenahan sarana dan prasarana,’’ ujar Direktur Utama Bumdes Arya Kemuning, Iim Ibrahim, Sabtu (16/3/2024).

Baca Juga

Pembenahan sarana dan prasarana itu di antaranya dengan menyiapkan kantong-kantong parkir sehingga membuat pengunjung merasa nyaman. Iim menyebutkan, ada empat kantong parkir yang disiapkan. Setiap kantong parkir mampu menampung antara 30 hingga 100 kendaraan.

Selain itu, kata Iim, pihaknya juga akan menambah petugas dua kali lipat untuk melayani para pengunjung. Yakni, dari yang biasanya 50 orang menjadi 100 orang. ‘’Untuk penambahan ini, kami akan melibatkan warga,’’ kata Iim.

Tak hanya itu, gazebo yang ada di lokasi juga akan ditambah. Gazebo itupun kembali dicat agar lebih menarik. Selain sarana dan prasarana, pihaknya juga menyiapkan oleh-oleh khas daerah untuk dijual kepada pengunjung, seperti dodol, keripik dari biji durian, keripik pisang, rempeyek dan lainnya. Produk makanan tersebut, akan disiapkan oleh kelompok wanita tani yang dibina Bumdes.

Iim menyebutkan, saat libur lebaran, jumlah pengunjung yang datang biasanya sekitar 2 ribu orang per hari. Mereka datang dari berbagai daerah. Untuk kendala yang dihadapi saat ini, kata Iim, berupa kondisi jalan menuju Desa Kaduela yang mengalami kerusakan sepanjang lebih kurang satu kilometer. ‘’Kami berharap kondisi jalan yang rusak berlubang bisa segera diperbaiki,’’ kata Iim.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan, Elon Carlan, mengungkapkan, untuk menyambut wisatawan pada musim libur lebaran mendatang, pihaknya sedang menggelar lomba sapta pesona untuk seluruh sektor pariwisata. Hal itu terutama untuk aspek Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan. ‘’Lomba ini untuk memotivasi (pengelola) objek wisata,’’ kata Elon. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement