Selasa 09 Apr 2024 23:51 WIB

Hindari Kemacetan di Titik Wisata Favorit, Liburan ke Cirebon Raya Bisa Jadi Pilihan

Liburan masyarakat sebaiknya tidak lagi terpusat di Bandung Raya atau Bogor Raya.

Kunjungan wisatawan ke Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon
Foto: Dok Humas BPTAGS
Kunjungan wisatawan ke Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Berbagai objek wisata unggulan di Jawa Barat (Jabar) dipastikan bakal diserbu para pengujung menjelang libur lebaran 2024. Objek wisata favorit tersebut, di antaranya di Bandung Raya dan Bogor Raya. Dinas Pariwisata Provinsi Jabar pun terus berkoordinasi dengan semua pihak untuk memastikan masyarakat bisa berlibur dengan nyaman.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar Benny Banchtiar, pihaknya telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. Pada pelaksanaannya nanti, Disparbud Jabar turut menggandeng Dinas Pariwisata dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat dan Stakeholder terkait

Baca Juga

“Kami melakukan koordinasi dengan seluruh kepaala dinas sektor pariwisata di Jawa Barat untuk antisipasi lonjakan wisatawan. Ini berdasarkan imabauan Kemenparekraf RI agar mengawasi betul destinasi yang ada, serta menjaga ketertiban dan keamanannya, terutama kebersihannya,” ujar Benny, Selasa (9/4/2024).

Nanti hasilnya, kata dia, akan dilaporkan kepada Kemenparekraf. "Maka dari itu, kami akan rapat koordinasi sekaligus memberi arahan dan sosialisasi kepada kabupaten/kota,” katanya.

Untuk menghindari potensi kemacetan di titik wisata favorit, Kadisparbud Jabar mengimbau masyarakat agar memilih destinasi lain. Seperti contohnya kawasan wisata Cirebon Raya agar masyarakat tidak lagi terpusat di wilayah Bandung Raya atau Bogor Raya.

“Kami sudah koordinasi dengan Dishub dan kepolisian. Kami juga memberikan sosialisasi kepada wisatawan agar mencari alternatif destinasi wisata lain supaya tidak terpusat di Bogor Raya dan Bandung Raya. Ada pilihan lain seperti Cirebon Raya dan Priangan Timur. Banyak sekali destinasi cantik yang bisa memberikan pengalaman tersendiri,” paparnya.

Benny juga mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga kesehatan. Sebab sejauh ini kondisi cuaca masih tidak menentu. “Pandai-pandai memilih destinasi. Jangan lupa jaga kondisi karena cuaca sangat tidak menentu. Dan yang paling penting jaga ketertiban dan juga jaga kesehatan,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement