Selasa 23 Apr 2024 19:53 WIB

Di Depan Wapres, Pj Gubernur Jabar Banggakan Aset Bank Syariah Capai 843 Triliun

Pada 2023 total penghimpunan zakat infak dan sedekah di Jabar tercatat Rp 6,5 triliun

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Wakil Presiden RI Maruf Amin menghadiri pengukuhan Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah Jawa Barat di aula barat Gedung Sate, Provinsi Jabar, Kota Bandung, Selasa (23/4/2024).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Wakil Presiden RI Maruf Amin menghadiri pengukuhan Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah Jawa Barat di aula barat Gedung Sate, Provinsi Jabar, Kota Bandung, Selasa (23/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin membanggakan capaian aset Bank Syariah di Jawa Barat (Jabar) yang mencapai Rp 843 triliun pada 2023 di depan Wakil Presiden RI Maruf Amin saat acara pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Jabar. Ia berharap Jabar bisa semakin menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah.

"Kami sampaikan juga bahwa ekonomi dan keuangan syariah di Jawa Barat memiliki potensi yang besar di sektor perbankan di tahun 2023 total aset bank syariah di Jawa Barat mencapai Rp 843 triliun," ujar Bey di Aula Barat Gedung Sate Kota Bandung, Selasa (23/4/2024).

Baca Juga

Ia mengungkapkan sektor industri ekspor makanan dan minuman halal mencapai 4,8 miliar dollar Amerika Serikat. Sedangkan obat-obatan halal mencapai 243 juta dollar Amerika Serikat pada tahun 2023. "Di sisi lain di tahun 2023 total penghimpunan zakat infak dan sedekah tercatat Rp 6,5 triliun," katanya.

Bey mengatakan, terdapat empat perguruan tinggi dan tiga swasta uang memiliki program studi keuangan dan ekonomi syariah. Total mahasiswa yang belajar di prodi tersebut mencapai 5.010 orang.

Ia mengungkapkan kehadiran Komite Daerah dan Keuangan Syariah dapat memperkuat kolaborasi dan sinergi dalam pembangunan keuangan syariah di Jawa Barat. Selain itu, dukungan dari pemerintah pusat dapat menjadikan Jabar sebagai pusat keuangan dan ekonomi syariah.

Wakil Presiden RI Maruf Amin menghadiri pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (23/4/2024). Terdapat sembilan orang pengurus di Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Jawa Barat.

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin menjadi Ketua KDEKS, Sekretaris KDEKS Sekda Jawa Barat Herman Suryatman. Anggota KDEKS, Kepala Bappeda Jawa Barat, Asisten Kesra Provinsi Jawa Barat, Kepala Perekonomian Provinsi Jawa Barat. Selain itu terdapat beberapa orang pengurus lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement