Ahad 28 Apr 2024 08:37 WIB

Guncangan Gempa Garut, Terasa di Daerah di Jabar dari Bandung, Sukabumi Hingga Purwakarta

Di Tasikmalaya gempa menyebabkan kerusakan bangunan

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan, antara/ Red: Arie Lukihardianti
Puluhan rumah di sejumlah kabupaten dan kota mengalami kerusakan akibat gempa bumi magnitudo 6,5 di Garut, Sabtu (27/4/2024) tengah malam.
Foto: Dok Republika
Puluhan rumah di sejumlah kabupaten dan kota mengalami kerusakan akibat gempa bumi magnitudo 6,5 di Garut, Sabtu (27/4/2024) tengah malam.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Guncangan gempa bumi magnitudo 6,5 di Garut, yang terjadi di Sabtu (27/4/2024) tengah malam, terasa hampir di semua daerah di Jabar. Yakni, dari mulai Bandung, Sukabumi, Tasikmalaya, Cirebon, Kuningan, Indramayu, hingga Purwakarta. Bahkan, di Tasikmalaya hingga menyebabkan kerusakan bangunan. Sementara di Sukabumi membuat warga panik keluar rumah menyemalatkan diri.

"Spontan kami langsung keluar rumah untuk menyelamatkan diri," ujar warga Kampung Bentengkidul, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi Rudiansyah.

Baca Juga

Saat ini, petugas BPBD Kota dan Kabupaten Sukabumi masih melakukan pendataan terkait dampak gempa yang berlokasi di 8.42 LS,107.26 BT, 151 km Barat Daya Kabupaten Garut di kedalaman 10 km.

Sebelumnya, Pranata Humas Ahli BPBD Jabar Hadi Rahmat mengatakan gempa bumi magnitudo 6,5 terjadi di Garut atau di 152 kilometer barat daya Garut dengan kedalaman 10 kilometer. Namun, gempa bumi dirasakan di sejumlah kabupaten dan kota.

Ia mengatakan gempa bumi dirasakan di Kabupaten Garut, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya. Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Ciamis, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Pangandaran dan Cimahi.

"Korban terdampak di Kabupaten Garut,  Pamengpeuk  dua orang luka satu dewasa dan satu ana dan di Cisompet satu oang luka. Di Kabupaten Tasikmalaya satu orang luka," ujar Hadi, melalui keterangan resmi, Ahad (28/4/2024).

Ini data kerusakan rumah akibat gempa bumi Garut magnitudo 6,5.....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement