Ahad 28 Apr 2024 20:56 WIB

Ini 4 Kopi Unggulan di Jabar yang Wajib Dicoba, Kopi Puntang Sudah Mendunia

Kopi Gunung Puntang menyabet peringkat pertama dalam kategori rasa.

Aktivitas penjemuran kopi hasil fermentasi di gerai Kopi Puntang di kawasan Cimaung, Bandung
Foto: REPUBLIKA/YOGI ARDHI
Aktivitas penjemuran kopi hasil fermentasi di gerai Kopi Puntang di kawasan Cimaung, Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Selain terkenal dengan teh, Provinsi Jawa Barat (Jabar) juga menjadi salah satu wilayah yang terkenal sebagai penghasil kopi terbaik di Indonesia. Karena, beragam jenis kopi di Jabar memiliki rasa autentik dan semakin memperkaya ragam kopi di Jabar.

Kopi sendiri, bisa masuk ke Priangan bermula pada awal abad ke-17, tepatnya pada 1677. Saat itu, Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) atau kamar dagang milik orang-orang Belanda merebut wilayah Priangan Barat dan Tengah dalam ekspansinya ke Nusantara.

Baca Juga

Benih kopi pertama berjenis arabika kemudian dibawa dari negara India oleh VOC untuk coba ditanam di Priangan. Saat itu, benih kopi arabika pertama yang dibawa ke Tatar Sunda dicoba ditanam di pinggiran Pantai Utara (Pantura) Jawa yang membentang dari Batavia hingga ke Cirebon.

Namun ternyata, usaha VOC untuk membudidayakan benih kopi pertamanya itu gagal akibat musibah banjir dan gempa. Kemudian, VOC kemudian membawa benih kopi arabika keduanya pada 1699 ke Nusantara untuk coba ditanam dengan menggeser lokasi budidayanya ke dataran yang lebih tinggi. Cianjur saat itu dipilih dan akhirnya berhasil.

Ini beberapa jenis kopi unggulan Jawa Barat yang wajib dicoba oleh para pecinta kopi karena memiliki cita rasa yang berbeda di setiap variannya:

1. Kopi Gunung Halu

Wilayah Selatan Kabupaten Bandung Barat (KBB)terkenal dengan perkebunan kopi. Produk yang sangat dikenal dari daerah ini meraih penghargaan AVPA Gourmet Product G di pameran SIAL Paris, Perancis pada 2018.

2. Kopi Gunung Malabar

Kopi Malabar memiliki perpaduan rasa yang unik. Karakterstik rasanya, sangat kental dan dominan dengan rasa cokelat yang gelap. Kopi Malabar merupakan jenis Kopi Arabika yang memiliki keasaman sedang

3. Kopi Gunung Puntang

Para pecinta kopi tak wajib merasakan sensasi kopi Gunung Puntang. Berkat penghargaan dari Speciality Coffee Association of America (SCAA) Expo 2016 di Atlanta, Amerika Serikat, kopi Puntang jadi mendunia. Tak main-main, kopi Gunung Puntang menyabet peringkat pertama dalam kategori rasa.

4. Kopi Wanoja

Provinsi Jabar menjadi salah satu negara penghasil kopi berkualitas. Biji-biji kopi tersebut berasal dari tangan para petani, salah satunya kelompok tani Wanoja Coffee dari Kampung lbun, Kabupaten Bandung. Karena sangat disukai, tujuh ton kopi Wanoja pernah diekspor ke Arab Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement