Ahad 26 May 2024 17:42 WIB

Ciri Pegi Pembunuh Vina Berbeda dengan Pegi Setiawan yang Diperlihatkan, Ini Jawaban Polda

Polda mempublikasikan ciri-ciri tak memasang foto pelaku karena keterangan berbeda

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Polda Jawa Barat merilis sosok Pegi Setiawan pelaku utama pembunuhan terhadap Vina dan Eky di Cirebon di Mapolda Jawa Barat, Ahad (26/5/2024). Pegi sempat mengutarakan kepada media massa bahwa dia tidak bersalah.
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Polda Jawa Barat merilis sosok Pegi Setiawan pelaku utama pembunuhan terhadap Vina dan Eky di Cirebon di Mapolda Jawa Barat, Ahad (26/5/2024). Pegi sempat mengutarakan kepada media massa bahwa dia tidak bersalah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----- Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat memperlihatkan sosok Pegi Setiawan alias Perong alias Robi Irawan pelaku utama pembunuhan Vina dan Ekky di Cirebon tahun 2016 silam di Mapolda Jabar, Ahad (26/5/2024). Sosok Pegi sesuai dengan foto yang beredar di media sosial (Medsos).

Pegi Setiawan yang menggunakan baju tahanan biru dan diborgol dikawal ketat oleh petugas. Ia langsung diperlihatkan dihadapan awak media massa. Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Jules Abraham Abast bersama Direktur Kriminal Umum Kombes Pol Surawan turut hadir di acara rilis Ditreskrimum Polda Jabar.

Baca Juga

Direktur Kriminal Umum Polda Jawa Barat Kombes Pol Surawan menegaskan bahwa Pegi Setiawan pelaku utama pembunuhan Vina dan Ekky tahun 2016 silam yang dihadirkan di Mapolda Jabar merupakan pelaku yang sebenarnya. Ia mengatakan hal itu berdasarkan pemeriksaan identitas pelaku dan STNK dari sepeda motor yang digunakan pelaku saat melakukan aksinya di Cirebon.

"Kita yakinkan bahwa PS adalah ini, STNK (sepeda motor) yang digunakan saat kejadian kita mengamankan. Kita cek kartu keluarga, ini adalah Pegi Setiawan," ujar Surawan di Mapolda Jabar, Ahad (26/5/2024).

 

Terkait ciri-ciri pelaku yang sempat dirilis Polda Jabar dan berbeda dengan pelaku aslinya, Surawan mengatakan yang dipublikasikan yaitu ciri-ciri dan tidak memasang foto pelaku karena keterangan berbeda. Selain itu pihaknya tidak membuat sketsa. "Kami yakinkan dulu bahwa ini PS," katanya.

Ia mengatakan proses penangkapan terhadap pelaku yang buron berlangsung lama karena pelaku mengubah identitasnya menjadi Robi Irawan saat pindah ke Katapang, Kabupaten Bandung tahun 2016 silam. Selain itu, pelaku bersama ayah kandungnya memperkenalkan dirinya kepada pemilik kontrakan sebagai keponakan.

Selain itu, tidak didapati saksi yang berani mengungkapkan sosok pelaku utama pembunuhan Vina dan Ekky. Pihaknya mengungkapkan terdapat alasan saksi dan para pelaku yang sudah ditangkap tidak mengungkapkan pelaku yang lain dan masih buron.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement