Kamis 30 May 2024 11:18 WIB

Stok Pangan Aman, Serapan Bulog Indramayu Sudah Lebihi Target

Indramayunberhasil melakukan penyerapan 26 ribu ton, sudah melebihi target

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Pekerja memeriksa stok beras di gudang Bulog Sub divre Indramayu, Jawa Barat
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Pekerja memeriksa stok beras di gudang Bulog Sub divre Indramayu, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU----Realiasi penyerapan Bulog Indramayu saat ini sudah melebihi target yang ditentukan. Adanya kebijakan fleksibilitas harga pembelian pemerintah (HPP) gabah dan beras cukup efektif membantu Bulog dalam melakukan penyerapan.

Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Indramayu, Ilhamsyah mengatakan, pada panen raya padi musim tanam (MT) I 2024 ini, pihaknya menargetkan penyerapan 19 ribu ton setara beras. ‘’Saat ini kita sudah berhasil melakukan penyerapan 26 ribu ton, sudah melebihi target,’’ ujar Ilhamsyah, Rabu (29/5/2024).

Baca Juga

Ilhamsyah mengakui, Kabupaten Indramayu selama ini menjadi buruan banyak pengepul besar dari berbagai daerah. Karena itu, pihaknya harus bekerja keras agar tidak kalah bersaing dalam memperoleh pasokan beras dari petani.

Ilhamsyah mengatakan, fleksibilitas HPP gabah dan beras yang diterapkan Badan Pangan Nasional (Bapanas) telah membantu penyerapan yang dilakukan pihaknya. Kebijakan itu berlaku pada 3 April – 30 Juni 2024.

 

Melalui fleksibilitas HPP gabah dan beras, maka harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani mengalami kenaikan dari Rp 5.000 per kilogram menjadi Rp 6.000 per kilogram. Begitupula harga gabah kering giling (GKG) mengalami kenaikan. Di gudang Perum Bulog, GKG yang sebelumnya Rp 6.300 per kilogram menjadi Rp 7.400 per kilogram.

Untuk HPP beras di gudang Perum Bulog, juga mengalami kenaikan dari Rp 9.950 per kilogram difleksibelkan menjadi Rp 11 ribu per kilogram. Adapun syarat beras tersebut memiliki derajat sosoh minimal 95 persen, kadar air 14 persen, butir patah maksimal 20 persen dan butir menir maksimal dua persen.

Menurut Ilhamsyah, meski sudah melebihi target yang ditetapkan tetapi pihaknya akan terus melakukan penyerapan. Apalagi, saat ini panen raya masih berlangsung di Kabupaten Indramayu. Ilhamsyah menyebutkan, walau ditargetkan hanya menyerap 19 ribu ton tetapi pihaknya akan berusaha melakukan penyerapan hingga di kisaran 30 ribu - 34 ribu ton setara beras.

‘’Bulog Indramayu tidak hanya dituntut untuk memenuhi kebutuhan daerah, tetapi juga harus memikiran pasokan untuk daerah lain,’’ kata Ilhamsyah. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement