Kamis 13 Jun 2024 09:34 WIB

Ular Piton Sepanjang Empat Meter Mangsa Angsa, Warga Minta Tolong Petugas Damkar

Saat itu, pemilik mendengar suara berisik soang dikandangnya

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Seekor ular piton dievakuasi di Kuningan (Ilustrasi)
Foto: Dok Damkar Kuningan
Seekor ular piton dievakuasi di Kuningan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN----Seekor ular piton atau sanca kembang dilaporkan memangsa angsa atau soang milik warga di Lingkungan Lamepayung Cangkuang, Kelurahan Kuningan, Kecamatan/Kabupaten Kuningan. Petugas pemadam kebakaran (Damkar) pun diterjunkan untuk mengevakuasi ular sepanjang empat meter tersebut.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabuaten Kuningan, Andri Arga Kusumah mengatakan, keberadaan ular piton itu pertama kali diketahui oleh pemilik soang. Saat itu, pemilik mendengar suara berisik soang dari kandang yang ada di belakang rumahnya.

Baca Juga

‘’Saat  diperiksa, terlihat ada ular sedang memakan soang di halaman rumahnya, yang berdekatan dengan kandang miliknya,’’ kata Andri, Rabu (12/6/2024).

Pemilik soang kemudian melaporkan keberadaan ular tersebut ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kuningan. Petugas Damkar yang mendapat laporan itu kemudian meluncur ke lokasi dan berhasil mengevakuasi ular tersebut. ‘’Bila dibiarkan/tidak dievakuasi, dikhawatirkan akan membahayakan dan mengganggu warga sekitar serta memakan hewan ternak warga,’’ kata Andri.

 

Selain itu, kata Andri, ular piton itu juga diamankan oleh petugas agar tidak dibunuh oleh warga dan tidak kembali memakan ternak warga. Ular tersebut selanjutnya akan diserahkan ke pihak BKSDA atau komunitas pencinta reptil untuk dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement