Selasa 18 Jun 2024 16:36 WIB

Pengamat Sarankan Ridwan Kamil Diusung di Pilgub Jabar: Berbasis Rasionalitas

Pilihan itu dapat menjaga kestabilan suara Partai Golkar hingga Pemilu di 2029

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
Eks Gubernur Jabar sekaligus Ketua TKD Jabar Ridwan Kamil mencoblos di TPS 045 dekat kediamannya di Jalan Gunung Kencana, Kota Bandung, Rabu (14/2/2024).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Eks Gubernur Jabar sekaligus Ketua TKD Jabar Ridwan Kamil mencoblos di TPS 045 dekat kediamannya di Jalan Gunung Kencana, Kota Bandung, Rabu (14/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA ---- Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyarankan Partai Golkar untuk mengusung Ridwan Kamil (RK) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Jawa Barat (Jabar). "Ikuti elektabilitas berbasis pada rasionalitas dari survei yang objektif," ujar Ujang dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Menurutnya, pilihan itu dapat menjaga kestabilan suara Partai Golkar hingga Pemilu di 2029. "Dengan menjadikan RK menjadi Gubernur di Jabar, dapat menjaga, bahkan meningkatkan perolehan suara Golkar pada kontestasi akan datang. Kalau RK menang lagi di Jawa Barat, suara Golkar bisa terjaga," katanya.

Baca Juga

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Ridwan Kamil  akan mendengarkan pertimbangan partai, apakah maju di Pilkada Jawa Barat (Jabar) atau Pilkada Jakarta. “Jadi tentu Pak Ridwan Kamil akan mendengar pertimbangan yang ada, dukungan dari parpol, dan tentu akan ada kesepakatan antar ketua umum,” katanya di Jakarta, Senin (18/6).

Saat ini, Golkar belum memutuskan apakah mantan Gubernur Jabar itu, akan maju di provinsi yang pernah dinakhodainya, atau menjajaki Provinsi Jakarta. Airlangga menegaskan, saat ini status Ridwan Kamil adalah Wakil Ketua Umum Partai Golkar.

 

Menurutnya, Golkar masih perlu melakukan kalkulasi politik sebelum memberikan rekomendasi final untuk Emil. Ia menuturkan, keputusan bakal diambil akhir Juli 2024.

Survei terbaru SMRC menempatkan nama Ridwan Kamil berada di urutan pertama Top of Mind responden saat dilakukan simulasi nama terbuka siapa yang bakal dipilih jika Pilgub Jabar digelar hari ini. RK dipilih 52,2 persen responden SMRC pada survei yang digelar 27 Mei hingga 2 Juni 2024.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement