Jumat 12 Jul 2024 11:15 WIB

Ini Sejumlah Program Pemkot Bandung yang Memiliki Nama Unik Ada Bacang, Bemo, Sirkuit

Terdapat beberapa program dari berbagai instansi dengan nama-nama yang unik.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Kota Bandung (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi
Kota Bandung (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Program milik pemerintah Kabupaten Cirebon memiliki nama nyeleneh hingga berbau seksualitas seperti Sipepek yang akhirnya viral di media sosial. Seperti diketahui, Pemkab Cirebon menjelaskan Sipepek merupakan program penanggulangan kemiskinan dan jaminan kesehatan.

Lantas bagaimana akronim dari nama-nama program yang ada di lingkungan Pemkot Bandung. Beberapa diantaranya memiliki nama yang unik seperti Bacang, Bemo hingga Sirkuit.

Baca Juga

Seperti mengutip dari laman bandung.go.id di bagian etalase pelayanan publik, terdapat beberapa program dari berbagai instansi dengan nama-nama yang unik. Pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) terdapat program Simkuring akronim dari Sistem Informasi Manajemen Kegiatan UPT dan Monitoring.

Simkuring sendiri merupakan salah satu kata dalam bahasa Sunda. Dalam bahasa Indonesia, simkuring merujuk kepada saya. Sedangkan program lainnya yaitu Bacang akronim dari Bandung Caang Baranang.

Dalam khazanah kuliner Sunda, terdapat makanan khas yaitu bacang yang berasal dari China. Bacang dibuat dari beras dengan isian daging atau sayuran di bungkus daun bambu berbentuk segitiga.

Pada Dinas Perhubungan terdapat program layanan dengan nama Bemo akronim dari Bandung Easy Mobility. Bemo sendiri dikenal sebagai alat transportasi kendaraan di Jakarta roda tiga.

Pada Dinas Koperasi dan UMKM terdapat program dengan nama Sirkuit, Sipeka hingga Siapik. Sirkuit akronim dari Sistem Informasi Kewirausahaan terintegrasi. Sirkuit sendiri dikenal umum sebagai sebuah lintasan balapan.

Sedangkan Sipeka yaitu sistem pengawasan koperasi. Arti lain dari Sipeka yaitu merujuk kepada orang yang memiliki kepekaan atau sensitifitas tinggi. Lalu terdapat program dengan nama Siapik akronim dari Sistem Aplikasi Informasi Koperasi.

Arti lain dari Siapik dalam bahasa Sunda yaitu merujuk kepada orang yang selalu teliti dalam menjaga sesuatu. Pada Dinas Pariwisata terdapat program Cangkurileng dan Sibatur.

Kedua nama program memiliki arti lain yaitu Cangkurileng sendiri merujuk kepada salah satu jenis burung. Sedangkan sibatur merujuk kepada orang lain.

Pada Dinas Tata Ruang terdapat program Sipetruk, Simpelman serta Simonik untuk di PPID Kota Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement